Masyarakat juga harus memahami bahwa petugas bekerja berdasarkan prosedur dan aturan.
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meninjau pelaksanaan dan pengamanan arus mudik di Command Center Patroli Jalan Raya Koorlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta, Jumat.

Mahfud juga memantau kondisi penanganan keamanan mudik di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.
 
Dalam kunjungan itu, Mahfud menekankan pentingnya menciptakan saling pengertian dan kerja sama antara aparat yang mengatur di lapangan dan masyarakat yang melakukan perjalanan agar mudik menjadi sesuatu yang bisa dinikmati.
 
"Aparat lapangan agar berkomunikasi dengan pemudik lebih bersahabat karena mereka mudik dengan semangat ingin bersilaturahmi, untuk ibadah, setelah sekian lama tidak dilakukan. Mereka ini beragam pengalamannya, pemahamannya, tingkat pendidikannya, jadi harus lebih arif menghadapinya," ujar Mahfud.
 
Sebaliknya, kata dia, masyarakat juga harus memahami bahwa petugas bekerja berdasarkan prosedur dan aturan. Oleh karena itu, harus kooperatif kalau diatur, misalnya disuruh berhenti dahulu dan diarahkan jalannya.
 
"Masyarakat yang mudik juga harus sadar, menjaga ketertiban, membantu petugas lapangan. Petugas juga harus bersabar menghadapi berbagai masyarakat yang mudik, dan menghayati ini sebagai tugas negara," katanya dalam siaran persnya.
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menyaksikan langsung paparan kesiapan dan penjelasan situasi terkini langsung dari Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Santyabudi.
 
Melalui fasilitas Command Center yang cukup lengkap, Menko juga menyapa dan berdialog dengan petugas Polri di lapangan yang sedang bertugas di kawasan Pelabuhan Merak.
 
Menko Mahfud juga pada hari yang sama melihat kesiapan Posko Pengamanan Aparat Gabungan TNI/Polri dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).
 
Dengan didampingi Dirut PT KAI Didiek Hartantyo, Menko Mahfud berkeliling memeriksa kesiapan pengamanan mudik, fasilitas untuk para pemudik di kereta, juga berdialog dengan warga pemudik.
 
Menko mengapresiasi posko koordinasi gabungan yang bekerja terus-menerus untuk keamanan masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk berlebaran di kampung masing-masing.

Baca juga: Puncak arus mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada H-5 Lebaran

Baca juga: Bupati Purbalingga ingatkan pemudik untuk lengkapi vaksinasi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022