Kunjungan ke Asia Tenggara ini merupakan yang kedua kalinya bagi PM Jepang.
Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, untuk melakukan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sebagaimana disiarkan langsung kanal resmi YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, PM Kishida tiba di kawasan Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 15.45 WIB.

Memasuki kawasan istana, PM Jepang diiringi pasukan pengamanan Presiden, para personel marching band, para personel berkuda, serta sejumlah penyambut yang memakai pakaian adat khas Nusantara.

Saat PM Jepang turun dari mobil, Presiden Jokowi berjalan untuk menyambutnya. Setelah itu, upacara penyambutan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan negara masing-masing dan pemeriksaan pasukan.

Setelah pemeriksaan pasukan, PM Jepang dan Presiden Jokowi memperkenalkan jajaran delegasi yang mendampingi dua kepala negara tersebut.

Turut hadir jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang mendampingi Presiden Jokowi, antara lain, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Indonesia merupakan negara pertama yang akan dikunjungi oleh PM Jepang dalam lawatan ke luar negerinya kali ini. Kunjungan ke Asia Tenggara ini merupakan yang kedua kalinya bagi PM Jepang, setelah sebelumnya berkunjung ke Kamboja, selaku Ketua ASEAN, di bulan Maret 2022, berdasarkan keterangan di laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI.

Berdasarkan keterangan di laman resmi Kemenlu RI, PM Jepang juga dijadwalkan untuk meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata serta melakukan beberapa pertemuan lainnya pada tanggal 30 April 2022.

Dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi dan PM Jepang dijadwalkan akan membahas mengenai upaya bersama keluar dari pandemi Covid-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi di masing-masing negara dan di kawasan.

PM Jepang dan Presiden Jokowi juga akan membahas mengenai isu-isu di kawasan dan dunia yang menjadi perhatian bersama, termasuk presidensi dan isu-isu prioritas Indonesia di G20 tahun ini.

PM Kishida dilantik menjadi Kepala Pemerintahan Jepang pada tanggal 4 Oktober 2021 menggantikan Suga Yoshihide.

Baca juga: PM Jepang Fumio Kishida kunjungi Indonesia 29-30 April

Baca juga: Perbaiki hubungan, tim presiden terpilih Korsel bertemu PM Jepang


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022