Jakarta (ANTARA) - Korlantas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow di Km 47 hingga Km 70 Tol Cikampek Utama untuk mengurai kemacetan kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta, Jumat.

"Bagi masyarakat dari Bandung yang akan menuju ke Jakarta nanti bisa melewati jalur tol seperti biasa. Semoga selamat sampai tujuan," kata Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Djunaedi kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Menurut Eddy, saat ini petugas sedang melaksanakan normalisasi pelaksanaan one way dari Km 47 sampai dengan Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama.

Sistem satu arah atau one way dan ganjil genap tetap dilaksanakan mulai dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utaam sampai dengan Km 414 Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: "One way" di Cikampek diperpanjang hingga waktu yang tidak ditentukan

"One way tetap dilaksanakan dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama sampai dengan Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung," kata Eddy.

Adanya diskresi kepolisian tersebut bertujuan untuk mengurai antrean kendaraan di Cipularang sebagai imbas dari pemberlakuan one way dan ganjil genap di Tol Cikampek hingga Tol Kalikangkung. Kemacetan terjadi sejak Jumat dini hari hingga pukul 08.37 WIB.

Korlantas Polri beserta instansi terkait memberlakukan rekayasa lalu lintas di Tol Cikampek Km 47 hingga Km 414 Tol Kalikangkung untuk mencegah kemacetan selama masa mudik lebaran.

Sistem one way dan ganjil genap tersebut diberlakukan selama masa arus mudik mulai Kamis (28/4) hingga Minggu (1/5);  sedangkan sistem one way dan ganjil genap pada arus balik berlaku mulai Jumat (6/5) hingga Senin (9/5).

Pelaksanaan dan perpanjangan waktu penerapan rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional.

Baca juga: Polisi geser pintu masuk "one way" dari KM 47 ke GT Cikampek Utama

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022