Jimbaran (ANTARA News) - Menteri yang bertanggung jawab dalam bidang kebudayaan dari seluruh negara anggota ASEAN menandatangani Deklarasi tentang Persatuan ASEAN dalam keragaman budaya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhammad Nuh mengatakan hal tersebut kepada wartawan di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Kamis malam.

"Ada enam hal penting yang dituangkan dalam deklarasi tersebut, yang merupakan usulan dari semua menteri," tuturnya, menjelaskan.

Muhammad Nuh mengatakan, enam inisiatif yang dituang dalam pernyataan bersama itu adalah mempromosikan pola pikir ASEAN, memberikan perlindungan, promosi dan pemanfaatan keanekaragaman budaya ASEAN serta peningkatan kreativitas industri kreatif.

Kemudian, tambah dia, menjadikan kebudayaan sebagai sarana guna mewujudkan masyarakat ASEAN yang saling berbagi dan peduli.

Selain itu, adalah pengembangan jejaring dan sumber daya manusia dalam konteks budaya dan kerja sama dengan badan sektoral lainnya.

"Ada dua isu pembahasan guna merealisasikan deklarasi tersebut, yakni terkait rencana aksi dan pembiayaan," ujar Mendkbud yang mantan rektor ITS Surabaya tersebut.

Dia menjelaskan, untuk perencanaan aksi guna mewujudkan deklarasi itu, dalam waktu dekat akan dilaksanakan "Senior Official Meeting" (SOM) sekitar Januari atau Februari 2012.

Sedangkan untuk pembiayaan, lanjut dia, akan berkolaborasi dengan bantuan dari kesekretariatan ASEAN.

Muhammad Nuh mengemukakan, salah satu saran bentuk realisasi deklarasi itu adalah penyelenggaraan festival musik dan film yang melibatkan generasi muda.

Dia menambahkan, atau mungkin saja penyelenggaraan Olimpiade tingkat ASEAN bagi siswa sampai tenaga pengajar.

(T.KR-IGT/C004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011