Jakarta telah melaksanakan beberapa program
Jakarta (ANTARA) - Jakarta terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan forum transportasi cerdas (Intelligent Transport System/ITS) 
Asia Pasific ke-19 atau The 19th ITS Asia Pacific Forum pada 2024.

Presiden ITS Indonesia, William P Sabandar melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengapresiasi berbagai pihak atas dukungan pada proses "bidding" ITS Indonesia untuk menjadi penyelenggara The 19th ITS Asia Pacific Forum pada 2024.

"Khususnya kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia Bapak Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Rasyid Baswedan," kata William.

William menuturkan ITS Indonesia merupakan kepercayaan dan tanggung jawab yang besar terutama dalam hal memimpin ITS Asia Pacific selama dua tahun ke depan.

Melalui kesempatan ini, ITS Indonesia harus dapat menunjukkan kepemimpinan yang terbaik di kawasan Asia Pasifik pada bidang transportasi cerdas dan keberlanjutan lingkungan.

"Oleh karena itu, kami mohon dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, akademisi, pelaku industri serta masyarakat sipil untuk bersama-sama mensukseskan acara ini," katanya.

Baca juga: Anies: Jakarta punya visi pimpin transportasi berkelanjutan di dunia

Selanjutnya, William akan berkoordinasi dengan kementerian terkait serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempersiapkan rangkaian kegiatan menuju pelaksanaan acara pada 2024.

William menjelaskan Jakarta dipersiapkan sebagai "host city" penyelenggaraan perhelatan ini dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

Jakarta juga merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta orang, yang saat ini juga masih menyandang status sebagai Ibu Kota Negara.

William menambahkan Jakarta berupaya mengembangkan sistem transportasi modern melalui pembangunan dan pengoperasian MRT Jakarta, LRT Jakarta, bus listrik TransJakarta, yang berjalan berdampingan dengan layanan transportasi dan logistik daring Grab Indonesia.

Jakarta juga telah menerapkan pelayanan kota yang terdigitalisasi melalui sistem Jakarta Smart City dan sistem pembayaran transportasi terintegrasi JakLingko.

Selain itu, Jakarta juga kaya akan sejarah Indonesia dan memiliki banyak destinasi wisata.

Baca juga: STA 2021 dan transportasi berkelanjutan di Jakarta

Contoh kasus
Jakarta merepresentasikan perkembangan sistem transportasi perkotaan yang dapat menjadi salah satu "best case" di kawasan Asia Pasifik.


Sementara itu, melalui sambutan video, Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menyampaikan dukungan kepada ITS Indonesia.

“Kementerian Perhubungan memiliki peran dalam mengimplementasikan konsep 'smart city' yang dipadukan dengan sistem transportasi cerdas untuk Ibu Kota baru di Indonesia. Kami mendukung penuh ITS Indonesia menjadi tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024," ujar Budi.

Sedangkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan dukungan terhadap Jakarta sebagai tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024.

"Jakarta telah melaksanakan beberapa program yang bertujuan untuk mengubah kota menjadi kota yang layak huni dan berkelanjutan," ucap Anies.

Anies mendukung penggunaan sistem transportasi cerdas di Jakarta, sehingga Jakarta siap menjadi tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific ITS Indonesia mengajukan tema “Smart Transportation and Sustainable City”.

Baca juga: Merancang pola MRT Jakarta yang berkelanjutan

Pelaksanaan perhelatan ini akan menawarkan pengalaman yang komprehensif, di antaranya melalui rangkaian acara sebelum agenda (pre-event), upacara pembukaan, "plenary session", "executive session", "special interest session", "exhibition", "Jakarta City Tour" dan "gala dinner".

ITS Indonesia juga membuka kesempatan bagi peserta The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024 untuk mengikuti tur ke Bali dan Ibu Kota Negara Indonesia yang baru, Nusantara.

ITS Indonesia juga mengajak anggota aktif ITS Indonesia untuk berpartisipasi di dalam kegiatan ini, di antaranya adalah PT MRT Jakarta, PT Aino Indonesia, PT Hisense International Indonesia, PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), PT JakLingko Indonesia, PT Transportasi Jakarta.

Kemudian, PT Trinusa Travelindo (Traveloka), PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek, PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja), PT Jingdong Indonesia Pertama (JD.ID), PT Nutech Integrasi, PT Intiland Development Tbk., PT Jatelindo Perkasa Abadi (Jatelindo), PT Manunggaling Rizky Karyatama Telnics (Marktel), PT Thano Technologies, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON), dan PT Teknologi Karya Digital Nusantara (TKDN).

Pemilihan ini dilakukan melalui proses "bidding" dan "voting" yang diselenggarakan secara daring melibatkan 11 negara yang tergabung dalam organisasi ITS Asia-Pacific.

ITS Indonesia memperoleh dukungan dari sembilan negara mengalahkan ITS New Zealand yang mengajukan Christchurch sebagai "host city" mendapatkan dua suara.

Baca juga: Integrasi tarif transportasi di Jakarta mendesak karena amanat Jokowi 

Setiap dua tahun
ITS Asia Pacific Forum merupakan perhelatan regional pada bidang sistem transportasi cerdas yang diadakan setiap dua tahun sekali.


ITS Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024 juga menandai pergantian kepemimpinan ITS Asia Pacific yang sebelumnya dipegang oleh China sebagai penyelenggara The 18th ITS Asia Pacific Forum di Chengdu, China pada 2022 ini.

Kini, William menjalankan mandat ini juga memegang posisi sebagai Ketua Dewan Direksi dari ITS Asia Pacific untuk masa bakti 2022-2024.

ITS Indonesia merupakan organisasi nirlaba yang didirikan untuk membangun sistem transportasi cerdas dan terintegrasi di Indonesia.

Terbentuk sejak 2013, ITS Indonesia hadir untuk menjadi alternatif solusi dari kemacetan, menyediakan kenyamanan dalam bertransportasi, serta ramah lingkungan.

Organisasi ITS Indonesia memiliki anggota yang merupakan gabungan dari lembaga pemerintah, akademisi, komunitas, sertapelaku industri dan terbesar anggotanya adalah sebagian besar terdiri dari operator transportasi di Indonesia.

Baca juga: Usulan tarif integrasi transportasi Jakarta gagal diputuskan

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022