Jakarta (ANTARA) - Lembaga survei Indikator Publik Nasional (IPN) mengumumkan hasil survei nasional tentang tokoh-tokoh yang paling disukai dan paling terkenal di mata publik; hasil tiga besarnya sesuai urutan adalah Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Basuki T Purnama.

Ketiga orang itu, sebagaimana dikatakan peneliti senior IPN, Ike Sihotang, dalam pernyataan diterima di Jakarta, Rabu, memiliki persentase yang sangat beragam. "Prabowo Subianto menjadi sosok yang paling terkenal dan paling disukai oleh publik. Popularitas Prabowo Subianto berada di 91,3 persen dengan tingkat kesukaan 77,2 persen," kata dia.

Baca juga: Charta Politika: Elektabilitas Ganjar salip Prabowo

Baswedan mendapat angka 81,1 persen dan kesukaan 57,7 persen sementara Purnama meraih popularitas 80,0 persen dan tingkat kesukaan hanya 24,3 persen.

Menurut Sihotang, "Prabowo berhasil menunjukkan sikap-sikap politiknya dengan sempurna dan menjaga keseimbangan terhadap isu-isu utama yang menjadi perhatian publik."

Baca juga: Survei: Popularitas Ridwan Kamil di Jawa Barat modal besar di Pemilu

IPN menggelar survei terkait sosok pemimpin di mata publik jelang Pemilu 2024. Survei diselenggarakan dalam rentang waktu 17-27 Maret 2022 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei menggunakan metodologi multistage random sampling dengan margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Nama berikut setelah ketiga orang itu adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan popularitas 90,5 persen dan tingkat kesukaan 69,9 persen.

Baca juga: Survei: Prabowo memiliki sentimen positif tertinggi di dunia maya

Selanjutnya Ketua DPR, Puan Maharani dengan popularitas 77,8 persen dan tingkat kesukaan 30,6 persen, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dengan popularitas 76,2 persen dan tingkat kesukaan 34,4 persen.

Masih ada Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dengan tingkat popularitas 75,0 persen dan tingkat kesukaan 31,9 persen, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD, yang memiliki popularitas 73,3 persen dan tingkat kesukaan 32,2 persen.

Baca juga: Survei prediksi delapan partai lolos ambang batas ke Senayan

Terdapat pula Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan popularitas 73,9 persen dan tingkat kesukaan 50,7 persen. Serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan popularitas 70,7 persen dan tingkat kesukaan 50,1 persen.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022