Jambi (ANTARA) - Para pemudik mulai memadati pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) di Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung (Tanjab) Barat, Jambi yang menjadi satu-satunya pelabuhan di provinsi itu melalui transportasi laut.

"H-5 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah para pemudik dari berbagai wilayah seperti dari Batam, Dabo Singkep dan daerah lainnya mulai memadati pelabuhan Roro di Kualatungkal dan sampai saat ini masih aman dan lancar belum ada kendala di lapangan," kata Petugas Bidang Pengelolaan Data Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tanjab Barat, Muhammad Chairil di Jambi, Rabu.

Baca juga: Arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok pada H-5 dilayani tiga kapal

Sementara itu pantauan di lokasi, para pemudik yang menumpang KMP Sembilang tersebut terlihat cukup ramai turun dari kapal dengan membawa koper dan tas turun dari kapal penyeberangan yang bertolak dari pelabuhan Telaga Punggur, Batam dan begitu juga sebaliknya.

Untuk saat ini tim gabungan yang terdiri dari kepolisian, dinas perhubungan, KSOP dan Bea Cukai serta gugus tugas COVI- 19 terus melakukan pengecekan dokumen bebas COVID-19 dan barang bawaan sebelum pergi meninggalkan pelabuhan.

Baca juga: Moeldoko ingatkan petugas agar jaga euforia pemudik

Muhammad Chairil, mengatakan kedatangan penumpang yang menggunakan kapal KMP Sembilang mengalami kenaikan yang cukup signifikan di bandingkan hari sebelumnya.

"Dari kemarin udah mulai rame kedatangannya dan hari ini mulai meningkat karena sudah mendekati hari raya," katanya.

Kenaikan penumpang diprediksi akan mengalami kenaikan terus menerus hingga menjelang puncak hari raya. Diprediksi peningkatan penumpang masih akan terus terjadi hingga H-2 nanti.

Baca juga: ARUS MUDIK - Gubernur Anies lepas pemudik gratis di Pulo Gebang

Selain itu, kendaraan yang masuk di pelabuhan Roro Kualatungkal di dominasi kendaraan pribadi roda empat, namun untuk angkutan barang berkurang, kalau kedatangan ini banyak kendaraan pribadi, memang warga yang sudah memasuki masa mudik lebaran.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022