agar kejahatan seperti bius, penipuan, copet, jambret, dan sebagainya bisa kita minimalisir
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyiagakan personel selama 24 jam untuk mencegah tindak kejahatan yang mengincar para pemudik selama musim libur Idul Fitri 2022.

"Kami juga sudah menyiagakan 24 jam anggota agar kejahatan seperti bius, penipuan, copet, jambret, dan sebagainya bisa kita minimalisir," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Rabu.

Baca juga: ARUS MUDIK - Gubernur Anies lepas pemudik gratis di Pulo Gebang

Hal itu disampaikan Fadil saat meninjau Stasiun Senen bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

"Fadil juga mengatakan pihak KAI telah memasang kamera pengawas atau CCTV di beberapa titik vital dan akses stasiun untuk memonitor dan mencegah terjadinya aksi kejahatan terhadap calon penumpang kereta.

Kombinasi petugas dan sistem pengawasan via "CCTV" tersebut dinilai manjur memberikan efek gentar kepada pelaku kriminal yang mencoba mengincar pemudik yang tengah sibuk mempersiapkan keberangkatannya.

Baca juga: Warga senang ikut mudik gratis Pemprov DKI Jakarta

"Semua perilaku yang berniat melakukan kejahatan bisa diantisipasi. Sampai dengan saat ini saya tanya kepala posko khususnya Stasiun Pasar Senen belum ada laporan kriminalitas," kata Fadil.

Fadil mengatakan hal tersebut juga didukung oleh masyarakat yang mulai memahami pentingnya manajemen perjalanan saat mudik untuk merayakan Lebaran 1443 Hijriah.

"Ini antara lain karena manajemen perjalanan masyarakat saya pikir sudah mulai menyadari mengatur perjalanan aman dam nyaman," tutur Fadil.

Baca juga: 871 warga Jakarta Barat ikuti program mudik gratis Pemprov DKI

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022