Jakarta (ANTARA) - Toronto Raptors jaga peluang, Utah Jazz menyamakan kedudukan, sedangkan Boston Celtics mendorong Brooklyn Nets ke ambang eliminasi dalam pertandingan babak playoff NBA Sabtu malam (Minggu WIB).

Dipantau dari Reuters, Jayson Tatum mencetak 39 poin yang mengantar tim Celtics menang 109-103 atas Nets di Brooklyn. Celtics kini unggul 3-0 dalam playoff NBA seri putaran pertama Wilayah Timur.

Belum ada tim NBA yang bangkit dari ketertinggalan 3-0 untuk memenangkan seri best-of-seven, dan Celtics akan mencoba menyempurnakan keunggulannya untuk menyelesaikan laga ini di kandang Nets pada Senin.

Baca juga: Ben Simmons berencana lakoni debut bersama Nets di Gim 4 lawan Celtics

Kuatnya pertahanan Celtics kembali dapat meredam bintang pencetak poin Brooklyn Kevin Durant, yang mengakhiri laga dengan dengan 16 poin.

Durant mencatat delapan rebound dan memberikan delapan assist tetapi hanya mencoba 11 tembakan. Bruce Bown memimpin Nets dengan 26 poin, sedangkan bintang Brooklyn lainnya, Kyrie Irving, juga menyelesaikan laga dengan 16 poin setelah bermain dengan masalah pelanggaran.

"Kami tahu apa yang dia mampu, semua orang tahu," kata Tatum tentang Durant. "Seseorang seperti dia, kamu tidak bisa membiarkannya begitu saja."

Celtics memimpin sebagian besar pertandingan sebelum Nets memangkas defisit menjadi tiga poin di akhir kuarter ketiga.

Boston merespons dengan dua basket dari Marcus Smart dan satu steal dan dunk dari Jaylen Brown untuk memimpin 81-72 mamasuki kuarter keempat.

Baca juga: Pascal Siakam hindarkan Raptors dari ancaman sapu bersih Sixers

Jaylen Brown menyelesaikan dengan 23 poin untuk Celtics, yang mendorong keunggulan menjadi 15 pada kuarter keempat sebelum Nets kembali mendekat, mengurangi selisih jadi lima poin dalam 22 detik tersisa.

Tatum membuat dua lemparan bebas dan melakukan steal dan dunk terakhir untuk mengakhirinya.

Pada pertandingan lainnya di Toronto, Pascal Siakam mencetak 34 poin, tertinggi sepanjang kariernya di playoff, sementara Gary Trent Jr. menambahkan 24 poin dalam kemenangan Raptors 110-102 atas Philadelphia 76ers untuk tetap bertahan dalam seri pertemuan mereka, memangkas defisit menjadi 3-1.

"Kami bermain keras," kata Siakam. "Setiap kali saya melakukannya, kami tahu itu akan berbahaya."

Sixers masih bisa melaju di babak set best-of-seven ini jika meraih kemenangan pada game kelima di kandang sendiri, Senin.

"Kami harus kembali seperti di awal lagi dan melakukan apa pun untuk menjadi lebih baik," kata center 76ers Joel Embiid.

Baca juga: Scottie Barnes sabet penghargaan ROTY NBA 2021-22

Embiid, pemimpin skor NBA, terganggu oleh cedera ibu jari kanan, ligamen yang dilaporkan robek, meskipun mencetak 21 poin dan delapan rebound.

"Saya tidak benar-benar khawatir tentang apa yang bisa terjadi, saya khawatir tentang apa yang bisa saya lakukan," katanya tentang bermain dengan cedera yang menyakitkan.

Embiid menjelaskan setiap operasi yang disarankan akan dilakukan setelah pasca-musim.

"Ini adalah babak playoff," katanya. "Tidak ada yang akan menghentikan saya."

Siakam mencetak 15 poin di kuarter keempat, menahan upaya serangan balik Sixers pada menit-menit akhir, terutama membungkam Embiid.

“Kami membuatnya sulit untuk mencetak poin dan kami bertahan dengan apa pun yang terjadi,” kata Siakam.

Baca juga: Robert Williams siap kembali lebih awal di Gim 3 Celtics kontra Nets

Jazz tahan Mavericks

Di Salt Lake City, slam dunk Rudy Gobert pada 11 detik tersisa memberi Utah Jazz kemenangan 100-99 atas Dallas Mavericks yang mengikat seri Wilayah Barat mereka dengan masing-masing dua gim.

Jazz merusak kebangkitan guard Mavericks Luka Doncic yang kembali setelah pulih cedera.

Bintang asal Slovenia, yang tidak bermain sejak 10 April karena cedera betis kiri, mencetak 30 poin dari 11-dari-21 tembakan sambil mencatatkan 10 rebound.

"Saya sangat bersemangat," kata Doncic tentang kembali ke lapangan. "Saya merindukan bola basket."

Doncic melesakkan bola dari lompatan untuk membawa Dallas unggul dan menambahkan dengan lemparan tiga angka pada 39 detik tersisa untuk membawa Mavericks memimpin 99-95.

Tapi Donovan Mitchell dari Utah membalas dengan tembakan 3 poin dan setelah Dwight Powell melewatkan dua lemparan bebas untuk Dallas, dunk Gobert menghasilkan poin penentu, demikian laporan AFP.

Baca juga: Empat tahun gagal tembus playoff, Hornets pecat James Borrego
Baca juga: Trae Young sanjung kontribusi pemain cadangan Hawks saat redam Heat

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022