Palembang (ANTARA News) - Maskot SEA Games XXVI "mudo mudi" dijual para pedagang kawasan komplek olahraga Jakabaring, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Rp250 ribu per pasang.

Patoni, seorang pedagang di kawasan Jakabaring Palembang, Jumat, mengatakan maskot SEA Games tersebut khusus didatangkan dari perajin Jawa Timur.

"Kami khusus mendatangkan maskot SEA Games dari Jawa Timur. Selama ini rata-rata terjual antara 10 sampai 15 buah," kata dia menjelaskan.

Ia menyebutkan sebagian besar maskot berbahan fiber itu diminati atlet dan ofisial dari negara peserta SEA Games, seperti Vietnam dan Filipina.

"Sebagian besar yang berbelanja sama saya adalah atlet dan ofisial dari negara peserta SEA Games. Kami juga menawarkan nama pembeli untuk dicantumkan di antara tulisan SEA Games XXVI Palembang," katanya.

Ia juga menjelaskan kaos bertuliskan SEA Games XXVI Indonesia-Palembang juga laris terjual sejak beberapa hari ini.

Kaos berkerah ukuran orang dewasa rata-rata dijual Rp45.000-Rp50.000 per helai dan oblong antara Rp35.000-Rp40.000 per helai.

Pedagang lainnya, Yati, mengatakan sudah empat hari berdagang di kawasan komplek Jakabaring dan sangat membantu menambah pendapatan keluarga dari berjualan minuman dan makanan ringan.

"Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini saya bisa berjualan untuk menambah pendapatan keluarga," katanya.

Fauzi, pedagang nasi di komplek Jakabaring juga mengatakan even SEA Games XXVI itu membantu dirinya berdagang meski untuk memperoleh lapak seluas sekitar 5x10 meter harus mengeluarkan uang Rp5 juta.

"Kami hanya menyewa lapak Rp5 juta untuk satu tahun berjualan disini, tapi itu sudah sangat membantu membuka lapangan kerja bagi kami," katanya.
(ANT)




Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011