Jakarta (ANTARA) - Menu khas Ramadhan memang beragam, namun, tidak ada salahnya mencoba untuk memasak makanan yang terinspirasi dari animasi Jepang (anime) yang mudah untuk dikreasikan.

Berikut adalah sejumlah rekomendasinya, dikutip dari siaran pers BStation, Sabtu.

Transforming furikake gohan ("Food Wars! Shokugeki no Soma")

Anime "Food Wars! Shokugeki no Soma" yang sudah memasuki musim kelima ini menyajikan menu yang dibuat langsung oleh chef ternama asal Jepang bernama Yuki Morisaki. Transforming furikake gohan adalah menu paling ikonis dari anime ini.

Hidangan klasik dan sederhana ini cocok sebagai menu sahur atau menu untuk anak kos, karena cara memasaknya yang cukup mudah. Anda hanya butuh dua bahan utama, kaldu ayam dan telur.

Buat kaldu ayam terlebih dahulu dan dinginkan di kulkas selama beberapa jam. Potong puding kaldu menjadi kotak-kotak kecil, letakkan di atas nasi putih dan telur dadar, lalu biarkan hingga potongan kaldu meleleh dan meresap ke dalam.

Baca juga: Menu Ramadhan - Smoothies oatmeal praktis untuk sahur

Baca juga: Resep takjil lumpia goreng isi daging tanpa garam

 
Omu soba ("Isekai Izakaya: Japanese Food From Another World"). (ANTARA/BStation)


Omu soba ("Isekai Izakaya: Japanese Food From Another World")

Bagi pecinta omurice, coba lah resep dengan variasi ini. Omu soba yang bisa ditonton di episode 11 "Isekai Izakaya" ini tidak menggunakan nasi, tapi mie yakisoba. Tentu saja tak perlu susah-susah membuat soba dari nol, karena versi instannya bisa ditemukan dengan mudah di supermarket, begitu juga dengan sausnya.

Anda hanya perlu menggoreng mie siap saji dengan saus, sayuran dan lauk protein pilihan seperti sosis, ayam, atau daging sapi saikoro. Selimuti mie dengan telur dadar lembut yang sudah dimasak dengan hati-hati.

"Isekai Izakaya Nobu" adalah novel ringan karya Natsuya Semikawa yang diilustrasikan oleh Kururi. Di akhir setiap episode anime-nya, ada segmen tutorial yang dibintangi chef Jepang Ryuta Kijima yang memandu dan memperagakan langsung cara memasak menu spesial dari episode tersebut.
Buttered salmon and mushrooms ("Today’s Menu for the Emiya Family"). (ANTARA/BStation)


​​​​​​​Buttered salmon and mushrooms ("Today’s Menu for the Emiya Family")

Foil-baked salmon and mushrooms dari episode kedua "Today's Menu for the Emiya Family" bisa jadi inspirasi hidangan selanjutnya.

Anime ini menampilkan menu modern hasil kreasi Shirō Emiya yang menggunakan bahan unik namun tetap terjangkau.

Untuk memasak menu ini, Anda membutuhkan salmon segar, wortel, bawang bombay, jamur dan mentega. Letakkan semua bahan yang sudah dibumbui di atas kertas aluminium foil dan panggang di atas wajan. Salmon yang lembut dipadukan dengan tekstur renyah wortel akan jadi kombinasi yang sempurna.
Golden fried rice ("Cooking Master Boy"). (ANTARA/BStation)


​​​​​​​Golden fried rice ("Cooking Master Boy")

"Cooking Master Boy" atau "Chuuka Ichiban!" adalah anime legendaris dari akhir 1990-an. Anime ini berlatarkan kehidupan masyarakat China pada abad ke-19 ketika “Era Perang Memasak” dimulai.

Di episode pertama, Liu Mao Xing, tokoh utama sekaligus koki termuda berumur 13 tahun menyajikan hidangan sederhana yang membuatnya juara: golden fried rice alias nasi goreng emas.

Mao Xing punya rahasia yang bisa membuat nasi gorengnya lebih istimewa, yaitu melumuri nasi dengan kuning telur sebelum digoreng. Salah satu cara agar berhasil memasaknya dengan benar, adalah dengan memakai wok bertemperatur tinggi.
Fruit sando ("Kiyo in Kyoto"). (ANTARA/BStation)


​​​​​​​Fruit sando ("Kiyo in Kyoto")

Fruit sando atau sandwich buah Jepang yang cantik dari "Kiyo in Kyoto" merupakan menu yang cocok sebagai hidangan takjil.

Cukup siapkan dua lembar roti tawar, oleskan krim dan tambahkan potongan buah seperti stroberi, jeruk, kiwi, dan lainnya. Kemudian tangkupkan roti dan potong diagonal sehingga irisan dan warna buah-buahan yang memanjakan mata.

"Kiyo in Kyoto", yang dirilis pada 2021, bercerita tentang Kiyo dan Sumire, sepasang teman dari kecil, yang pindah ke Kyoto untuk menjadi maiko. Selama masa pelatihan, Kiyo menemukan hobi dan bakatnya dalam memasak.

Baca juga: Tips Rendang Daging untuk menu hidangan saat Lebaran

Baca juga: Menu Ramadhan - Gabus Pucung

Baca juga: Resep Ramadhan - Takjil Goguma latte

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022