Banda Aceh (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan bahwa pihaknya membuka peluang membangun koalisi untuk menyongsong Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Demokrat tentu tidak bisa sendirian, kami harus membangun koalisi dengan satu partai besar atau dua sampai partai menengah," kata Agus Harimurti Yudhoyono, di Banda Aceh, Rabu.

AHY mengatakan dalam rangka mengikuti kontestasi Pilpres 2024 nantinya Demokrat harus berkoalisi bersama partai lain. Karena itu upaya komunikasi dengan semua partai terus dilakukan.

Baca juga: AHY: Demokrat bukan partai oposisi brutal yang tak punya akal sehat

Demokrat, kata AHY, terus berikhtiar sekuat tenaga supaya mendapatkan koalisi, mengingat tiket untuk mengikuti Pilpres 2024 membutuhkan 20 persen "presidential threshold" (ambang batas).

"Artinya tugas Demokrat membangun 'chemistry' dan saling percaya dengan parpol lain, semua parpol tidak terkecuali, kita persiapkan semua kemungkinan," ujarnya.

Mengenai kesiapan dirinya untuk maju pada Pilpres 2024, AHY mengaku terus mempersiapkan diri menjemput takdir, namun semua itu masih menjadi misteri dari Yang Maha Kuasa.

Baca juga: AHY borong takjil Ramadhan di Aceh
Baca juga: AHY: Demokrat akan terus perjuangkan perpanjangan masa dana otsus Aceh


AHY menuturkan dirinya memiliki dua kapasitas dalam mewujudkan target menjadi orang nomor satu di Indonesia, yakni sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dan dirinya pribadi.

"Saya menggunakan dua kapasitas, pertama sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, saya akan meyakinkan dan berkoalisi," katanya.

Kemudian, dari sisi kapasitas pribadi AHY terus mempersiapkan diri, dan meyakini kehendak Allah SWT, serta dukungan dari rakyat.

'Kami tidak ingin terlalu berandai-andai, hanya bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan terbuka jalan," demikian AHY.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022