Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong kesetaraan kualitas mutu pendidikan hingga sumber daya manusia (SDM) antara sekolah negeri dan swasta di Ibu Kota.

"Kami tahu sekolah swasta tertentu ada yang di atas rata-rata sekolah negeri, tetapi tidak sedikit ada sekolah swasta yang kualitasnya di bawah sekolah negeri," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu.

Untuk itu, pihaknya menginginkan peningkatan kualitas pendidikan khususnya sekolah yang dinilai masih tertinggal sebagai komitmen pemerintah untuk kemajuan pendidikan bangsa dan negara.

Dengan begitu, perhatian tidak hanya fokus kepada sekolah negeri tapi juga sekolah swasta mulai dari kualitas SDM, sarana prasarana hingga kurikulum.

"Untuk pendidikan ke depan kami ingin agar pendidikan di Jakarta tidak hanya sekolah negeri yang mendapatkan perhatian dari pemerintah, mendapatkan kesetaraan, mendapatkan dukungan dana dan fasilitas, kami ingin sekolah swasta memiliki dukungan yang baik," katanya.

Baca juga: Penerapan PTM 100 persen sekolah di Jakbar berlangsung aman
Baca juga: Semua sekolah di Jakarta diminta perketat prokes saat PTM 100 persen

 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (depan) bersama Wakil Ketua DPRD DKI Misan Samsuri ketika diwawancarai awak media di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (20/4/2022). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Senada dengan Riza Patria, Wakil Ketua DPRD DKI Misan Samsuri menjelaskan, pihaknya menginginkan persamaan antara sekolah swasta dan negeri.

DPRD DKI Jakarta kemudian ingin membentuk panitia khusus terkait pendidikan. Anggota dewan kemudian mengadakan rapat paripurna yang mengumumkan usulan pembentukan Panitia Khusus Pendidikan.

"Di situ hendak kami buat persamaan. Di sekolah negeri fasilitas sudah cukup, kalau di swasta ada banyak yang masih kurang, itu akan kami setarakan untuk pendidikan di DKI Jakarta," kata Misan.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022