vaksinasi COVID-19 masih terus dilaksanakan
Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue menyatakan kabupaten kepulauan di Samudra Hindia itu nihil kasus COVID-19 sepanjang Ramadhan 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

"Alhamdulillah sudah dua minggu lebih atau sepanjang bulan Ramadhan ini tidak ada warga Simeulue yang terkonfirmasi COVID-19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue Farhan di Simeulue, Selasa.

Menurut Farhan, terakhir ada pasien COVID-19 di Kabupaten Simeulue pada Maret 2022. Jumlah warga Kabupaten Simeulue yang terkonfirmasi positif COVID-19 saat itu mencapai 24 orang.

Dari 24 warga positif COVID-19 tersebut, tiga orang di antaranya menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simeulue. Sedangkan 21 orang lainnya menjalani perawatan di rumah masing-masing.

Baca juga: Satgas: Vaksinasi di Simeulue tetap dilaksanakan di bulan puasa
Baca juga: Satgas: 24 warga Pulau Simeulue-Aceh positif COVID-19

Farhan mengharapkan kondisi nihil kasus positif COVID-19 tersebut bisa dipertahankan, sehingga Kabupaten Simeulue bisa kembali ke zona hijau seperti beberapa bulan lalu.

"Semoga kondisi seperti ini bisa terus bertahan tidak ada lagi masyarakat Simeulue yang dinyatakan terpapar demam virus corona tersebut," kata Farhan.

Oleh karena itu, Farhan mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta tidak berkerumun guna mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

"Selalu patuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Apalagi pandemi COVID-19 belum berakhir," kata Farhan.

Selain protokol kesehatan, Farhan juga mengajak masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi vaksin COVID-19 dosis lengkap untuk segera mengikutinya.

"Vaksinasi COVID-19 masih terus dilaksanakan. Bagi masyarakat yang belum menerima vaksin dosis lengkap segera mendatangi fasilitas kesehatan maupun gerai-gerai vaksinasi yang tersedia," kata Farhan.

Baca juga: Satgas: Lhokseumawe nihil kasus COVID-19 selama dua pekan

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022