Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan skenario untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan kendaraan pemudik di kawasan Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Kami berharap berbagai persiapan yang sedang dilakukan ini bisa membantu dalam mengurai kepadatan kendaraan yang sering terjadi pada saat masa mudik Lebaran," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Jumat.

Persiapan untuk mendukung kelancaran masyarakat yang ingin mudik guna merayakan Idul Fitri 1443 di kampung halaman masing-masing itu telah disiapkan Pemkab Bangka Barat bersama PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok, dan instansi terkait lainnya.

Pemkab Bangka Barat akan memanfaatkan lahan kosong milik Pemda yang berada di sebelah Pelabuhan Tanjungkalian sebagai tempat parkir sementara.

Baca juga: Polres Cirebon dirikan tujuh pos pengamanan jalur mudik Lebaran

Baca juga: Sopir truk minta Menteri PUPR perbaiki tol Kayu Agung-Keramasan


Hal ini dilakukan karena berdasarkan pengalaman mudik tahun 2019, panjang antrean kendaraan yang akan masuk pelabuhan mencapai sekitar 1,2 kilometer.

Dengan adanya tempat parkir sementara tersebut diharapkan bisa mengurangi antrean kendaraan yang diparkir di pinggir jalan sehingga aktivitas jalan utama tidak terganggu dan pemudik semakin nyaman menunggu giliran masuk kapal feri.

Selain itu, Pemkab juga akan menyiapkan beberapa fasilitas yang bisa digunakan para pemudik, yaitu toilet umum, mushala dan tempat kuliner.

Berbagai persiapan terus dilakukan karena diprediksi arus mudik Lebaran tahun ini akan meningkat setelah selama dua tahun terakhir pemerintah terpaksa mengambil kebijakan larangan mudik.

"Kami akan berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk para pemudik," katanya.

Berdasarkan rapat koordinasi yang sudah dilakukan di Pemkab Bangka Barat, pihak PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian juga akan menambah pelayanan penyeberangan kapal feri menyesuaikan kebutuhan di lapangan.

Penambahan trip kapal dari tujuh hingga 14 kali penyeberangan dalam satu hari sudah disiapkan sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan terbaik untuk para pemudik.

Selain itu, ASDP juga akan menyiapkan salah satu lahan yang biasa digunakan parkir kendaraan penjemput untuk sementara dijadikan parkir kendaraan yang akan menyeberang.*

Baca juga: Kemenhub siapkan 3 skema rekayasa lalu lintas masa mudik Lebaran 2022

Baca juga: Syarat ikut mudik gratis wajib KTP DKI

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022