Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Kamis (14/4).

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA di Jakarta, Kamis, prakiraan cuaca tersebut berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Yogyakarta, dan Kalimantan Tengah.

Cuaca serupa juga diprakirakan melanda Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Barat.

BMKG juga mengeluarkan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Perairan Selatan Jawa Timur dan Samudra Hindia Selatan Jawa.

Bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diimbau agar tetap selalu  waspada.

Baca juga: BMKG pantau 34 titik panas di wilayah Sumatera Utara

Baca juga: BMKG perkirakan sebagian besar wilayah Indonesia cerah berawan

Baca juga: Kepala BMKG peringatkan pemerintah untuk tekan laju perubahan iklim

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022