Jakarta (ANTARA News) - Tiga Grand Master Wanita (WGM) internasional dari Eropa Timur mengalahkan tiga pecatur putri andalan Indonesia di babak keenam pertandingan Woman International Japfa Chess Festival 2011 di Jakarta, Rabu.

Untuk sementara, hingga babak keenam ini, WGM asal Georgia, Sopiko Guramishvili memimpin klasemen sementara Woman International Japfa Chess Festival 2011 dengan perolehan 4,5 poin.

Perolehan poin Sopiko ini didapat setelah dia mengalahkan pecatur puteri Indonesia, WFM Dewi AA Citra. Pertandingan keduanya yang mencapai 40 langkah ini dibuka dengan pembukaan Spanyol.

"Pertandingan kali ini bagi saya mudah, saya pakai pembukaan Spanish Breyer dan memainkan bidak-bidak dengan lancar," kata Grand Master Wanita dengan elo rating 2359 ini usai pertandingan.

Hingga babak keenam ini, WFM Dewi AA Citra menempati posisi paling akhir dengan 1 poin.

Sementara itu, WGM asal Slovenia, Jana Krivec mendapat poin yang sama dengan WGM Sopiko, 4,5, setelah dia mengalahkan pecatur putri Indonesia, WIM Chelsie Monica Sihite pada langkah ke-47.

Pertandingan keduanya dibuka dengan pembukaan Phillidor.

Di babak keenam ini, Chelsie harus puas dengan 3 poin saja.

Pada babak yang sama, WGM Anna Burtasova asal Rusia juga berhasil mengalahkan WFM Medina Warda Aulia. Ini membuat WGM Anna mengumpulkan 3 poin dan WFM Medina mengumpulkan 2 poin.

Pertandingan yang dibuka dengan pembukaan Sicilia Kan ini diakhiri pada langkah ke-56.  (SDP-09/A020)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011