Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate bertemu dengan Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia, H.E. Mr. Francisco De Asis Aguilera Aranda, membahas dukungan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Indonesia.

"Kami mendiskusikan potensi kerja sama Indonesia dan Spanyol khususnya di bidang teknologi informasi dan aplikasi informatika," kata Menteri Johnny saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, Menkominfo mengatakan pertemuan tersebut juga merupakan bentuk hubungan baik antara kedua negara yang sudah berlangsung lama.

"Hubungan baik Indonesia dan Spanyol sendiri sudah berlangsung lama. Pembiayaan G2G atau government-to-government antara Spanyol dan Indonesia juga bukan merupakan hal yang baru, ini sudah biasa," kata Menteri Johnny.

Baca juga: Menkominfo dorong pelaku UMKM tingkatkan kualitas produk

Baca juga: Menkominfo: Migrasi ke 4G mendukung transformasi digital


"Dan ada beberapa yang sudah ada di project list Bappenas (terkait infrastruktur TIK untuk transformasi digital) yang rencananya dibiayai pemerintah Spanyol," imbuhnya.

Ada pun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang rencananya akan dibantu oleh Spanyol untuk Indonesia meliputi infrastruktur digital hulu (upstream ICT infrastructure) dan hilir (downstream ICT infrastructure).

"Khusus untuk infrastruktur digital upstream dan downstream, Spanyol ingin membiayai dan ambil bagian dalam penyiapan infrastruktur tersebut," kata Menkominfo.

"Kami membuka ruang kerja sama yang luas, tentu dengan batasan-batasan bahwa itu kompetitif, teknologi yang digunakan modern, sesuai dan cocok untuk diimplementasikan di Indonesia," ujarnya menambahkan.

Menteri Johnny melanjutkan, dalam waktu dekat akan sampaikan penawaran pembiayaan (financing offer) dari Pemerintah Spanyol untuk pembiayaan proyek infrastruktur TIK di Indonesia.

Di sisi lain, Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia, H.E. Mr. Francisco De Asis Aguilera Aranda mengatakan pihaknya terbuka untuk mendukung pembangunan infrastruktur digital Indonesia.

"Setelah melakukan pertemuan dengan Menteri (Johnny), saya mempelajari apa saja tujuan Indonesia, dan apa yang bisa kami (Spanyol) lakukan untuk mendukung hal tersebut untuk Indonesia," kata Dubes Spanyol.

"Spanyol memiliki hubungan yang baik dengan Indonesia dalam waktu yang lama, dan perusahaan serta pemerintahan Spanyol bersedia untuk bekerja sama dengan Indonesia di proyek-proyek (infrastruktur digital) bersama-sama demi memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia di masa depan," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Pemerintah minta e-commerce sediakan lebih banyak produk lokal

Baca juga: Menkominfo minta lembaga penyiaran pastikan ketersediaan STB

Baca juga: Menkominfo: Maudy Ayunda dapat jangkau milenial dalam keketuaan G20

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022