Jakarta (ANTARA) - Pengusaha yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberdayakan perekonomian disabilitas dan komunitas warga lainnya di Jakarta Utara.

Salah satu relawan "M16 for SandiUno", Saldi Irawan di Jakarta, Kamis, mengatakan,
Sandiaga menjalankan berbagai program kewirausahaan (enterpreneurship) bagi disabilitas dan komunitas masyarakat lainnya.

"Sandiaga punya potensi untuk kebangkitan ekonomi Indonesia. Beliau juga (punya) 'background' sebagai pengusaha, artinya tahu bagaimana bicara secara ekonomi makronya Indonesia agar lebih baik," kata Saldi.

Saldi berharap program ekonomi dari Sandiaga dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat DKI Jakarta dan seluruh rakyat Indonesia serta menstabilkan harga kebutuhan pokok.

Perwakilan penyandang disabilitas, Khaerunnisa (18) meyakini Sandiaga bakal mendongkrak mampu perekonomian kaum disabilitas melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Bapak Sandi ini bisa mengangkat ekonomi teman-teman disabilitas khususnya Jakarta Utara dan peduli UMKM disabilitas," kata Khaerunnisa.

Baca juga: Sandiaga "tularkan" budidaya ikan dalam ember bagi warga Pesanggrahan
Baca juga: Buka lapangan kerja, Sandiaga Uno ajak warga budidaya lele


Pada kesempatan itu, relawan mendeklarasikan dukungan kepada Sandiaga untuk bersaing pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dan bakti sosial dengan menyalurkan bantuan kebutuhan pokok kepada disabilitas serta masyarakat yang membutuhkan.

Dukungan kepada Sandiaga diikuti kelompok
disabilitas, Komunitas Sandi Hati Rakyat (SHR), "Ojek Online" (Ojol), UMKM, Emak-Emak Sehat, Forum Dai dan Priok Gowes.

Sebelumnya, Sandiaga "menularkan" usaha budidaya ikan dalam ember bagi warga di Pesangrahan (Jakarta Selatan), Tanah Abang (Jakarta Pusat) dan Cakung (Jakarta Timur).

Sandiaga Uno bersama "startup" pelatihan Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah SandiUno Indonesia (RSI) menggulirkan usaha budidaya ikan dalam ember (budikdamber) guna meningkatkan perekonomian rakyat pada masa pandemi COVID-19.
Baca juga: Sandiaga gulirkan program budidaya lele dalam ember di Petamburan
Baca juga: Sandiaga Uno bantu 10 ribu bibit lele bagi Poktan "Leuit Jajaka" Bogor

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022