Beijing (ANTARA News/AFP) - Tiga dokter di China telah ditangkap karena diduga melakukan transplantasi organ secara ilegal di satu klinik swasta, kata pihak berwenang lokal dan media pemerintah pada Minggu.

Bertindak berdasarkan informasi, polisi di kota Bazhou kota di provinsi utara Hebei menangkap para dokter pada bulan lalu, ketika mereka siap untuk memindahkan ginjal dari seorang pria, kata seorang pejabat Partai Komunis setempat dan polisi kepada AFP.

Kasus ini sedang diselidiki, kata mereka, namun menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

China melarang transplantasi organ dari donor hidup selain pasangan, kerabat dan anggota keluarga yang diadopsi pada tahun 2007, kata kantor berita resmi Xinhua.

Tapi permintaan untuk transplantasi jauh dari pasokan di negara berpenduduk lebih dari 1,3 miliar jiwa itu, sehingga membuka pintu bagi penjualan organ ilegal.

Negara ini meluncurkan program uji coba tahun lalu untuk memungkinkan orang secara sukarela menyumbangkan organ mereka setelah kematian, dalam rangka memenuhi meningkatnya permintaan, kata Xinhua.

Sekitar 1,5 juta orang sedang menunggu untuk transplantasi tetapi hanya sekitar 10.000 orang telah terdaftar sebagai donor, katanya.

Menurut laporan media pemerintah sebelumnya, rumah sakit telah melakukan operasi transplantasi ilegal untuk sekitar 100.000 yuan (sekitar 15,700 dolar).

(Uu.H-AK/H-RN)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011