Jakarta (ANTARA) - Chubb Life Indonesia menghadirkan Chubb LifeBalance, sebuah aplikasi kesehatan fisik dan mental secara menyeluruh untuk mendorong gaya hidup masyarakat yang lebih sehat.

"Berapa banyak dari kita yang sadar pentingnya menjalankan gaya hidup yang lebih sehat? Oleh karena itu, kami menyadari gaya hidup sehat lebih penting dari segalanya, terutama ketika dihadapkan dengan tantangan COVID-19 dan ragam penyakit lain yang terus berlanjut," kata Presiden Direktur Chubb Life Indonesia Kumaran Chinan, dalam siaran resmi, Jumat.

"Inilah mengapa kami meluncurkan aplikasi Chubb LifeBalance, sebuah sarana yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Aplikasi itu memberikan kesempatan untuk mengelola gaya hidup, menjaga kesehatan fisik, dan mental melalui pengukuran nilai kesehatan terkini serta mendapatkan nasihat atau saran langsung dari pelatih virtual," kata dia.

Baca juga: Aplikasi Bidanku hadir untuk bantu bidan pantau kesehatan ibu dan anak

Chubb LifeBalance mampu menganalisa gaya hidup pengguna secara mendalam serta memberikan penilaian holistik sebagai rujukan untuk mengukur dan mengelola kesehatan.

Analisa kesehatan dilengkapi pelatihan virtual yang didesain oleh ahli kesehatan di bidang nutrisi, kualitas tidur, aktivitas sehari-hari serta manajemen stres yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI).

Hanya dengan menjawab beberapa pertanyaan mengenai berat badan, tinggi badan, umur, dan jenis kelamin, aplikasi Chubb LifeBalance secara otomatis mampu memberikan skor kesehatan pengguna.

Sistem skor itu dibangun oleh tim dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) berdasarkan 2.500 makalah dan data klinis yang dikumpulkan dari lebih dari 300 juta orang selama bertahun-tahun. Dengan sistem skor kesehatan itu, pengguna dapat memonitor kesehatan secara efektif sekaligus mendapatkan motivasi untuk menjaga kebugaran melalui saran dari pelatih virtual.

Kumaran berharap, aplikasi itu dapat menjadi panduan penggunanya untuk menjaga kesehatan dengan mencegah terjadinya penyakit secara lebih dini.

"Kita semua tahu mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Gaya hidup sehat seperti makan sehat, rutin berolahraga, dan menjadi lebih sadar diri adalah pilihan positif yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko masalah kesehatan, terutama penyakit jantung koroner dan stroke yang menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia," kata dia.

Aplikasi Chubb LifeBalance juga bisa melacak dan merekam lebih dari 115 aktivitas berbeda – termasuk berjalan, berlari, yoga, berenang, bersepeda, dan meditasi. Pengguna dapat mengajak teman dan keluarga untuk bergabung dalam aktivitas yang dijalankan bersama-sama.

Aplikasi itu terhubung dengan perangkat kesehatan dan aplikasi lain seperti Apple Health Apps, Samsung Health, Samsung Galaxy Gear, Withings, Tomtom, Xiaomi, Huawei, Google Fit, Fitbit, Strava, Polar dan Garmin.

Baca juga: APL kenalkan fitur eZEducation pada aplikasi eZRx

Baca juga: SehatQ siapkan dua layanan andalan

Baca juga: Aplikasi Tentang Anak hadirkan beragam informasi soal pengasuhan anak

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022