Penghargaan ini adalah momen penting bagi Pupuk Indonesia di ulang tahun ke satu dekade dalam melayani petani, pekebun, dan pengusaha agro bisnis di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan The Most Innovative Food & Fertilizer Company for The Mervelous Development of Digital Business Operation System dalam ajang Indonesia Digital Innovation Award 2022 dari Warta Ekonomi.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Panji Winanteya Ruki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis menyatakan bahwa penghargaan ini adalah bentuk pengakuan publik atas berbagai program transformasi digital yang merupakan bagian dari program transformasi bisnis Pupuk Indonesia.

“Penghargaan ini adalah momen penting bagi Pupuk Indonesia di ulang tahun ke satu dekade dalam melayani petani, pekebun, dan pengusaha agro bisnis di Indonesia,” katanya.

Penghargaan ini diberikan berkat upaya perusahaan dalam memperkuat digitalisasi. Salah satu digitalisasi yang dilakukan adalah pengembangan Distribution Planning & Control System (DPCS) untuk mempermudah pengawasan distribusi pupuk dari produsen hingga ke distributor secara real time. Sistem ini dilengkapi fitur Early Warning System untuk mendeteksi kondisi stok di berbagai daerah, sehingga dapat meningkatkan akurasi perencanaan distribusi

Selain itu, Pupuk Indonesia juga sedang meningkatkan layanan pelanggan dengan melakukan uji coba aplikasi penebusan pupuk secara daring melalui Retail Management System (RMS). Sistem ini dapat mempercepat distributor dan kios dalam memproses penjualan pupuk yang memiliki fitur "point of sales" dan terintegrasi dengan sistem di internal dan eksternal perusahaan.

Tidak hanya itu, perusahaan juga diapresiasi atas implementasi aplikasi Digital Fertilizer yang dapat memonitor seluruh aspek "performance" pabrik sehingga dapat menunjang kinerja produksi dan meningkatkan efisiensi bahan baku. Perusahaan juga telah mengimplementasikan Single System Enterprise Resources Planning (ERP) SAP untuk mendukung proses bisnis yang lebih terintegrasi antara satu dan lainnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa program transformasi digital di Pupuk Indonesia adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing perusahaan. Program ini telah terbukti membawa dampak yang sangat positif bagi Pupuk Indonesia, diantaranya dapat meningkatkan transparansi, kecepatan, efisiensi biaya produksi, distribusi, supply chain, dan sebagainya.

“Semoga hal ini menjadi titik tolak bagi kami untuk terus melakukan transformasi di Pupuk Indonesia, baik di holding maupun anak perusahaan,” demikian Panji Winanteya Ruki.


Baca juga: Pupuk Indonesia Grup raih 20 penghargaan PR Indonesia Award 2022

Baca juga: Pupuk Indonesia beri penghargaan pada distributor-kios ritel

Baca juga: Pupuk Indonesia raih dua penghargaan di ajang Best BUMN Award 2021


Baca juga: Sentralisasi "holding" Pupuk Indonesia raih penghargaan Best Company

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022