Di 22 zona musim di NTB, 14 persen di antaranya memulai kemarau pada  Maret dan 86 persen memasuki bulan kemarau pada April
Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mulai terjadi pada bulan April 2022.

"Di 22 zona musim di NTB, 14 persen
di antaranya akan memulai kemarau pada  Maret dan 86 persen akan memasuki bulan kemarau pada April," kata Kepala Stasiun Klimatologi Lombok Barat BMKG, Nuga Putrantijo dalam keterangan tertulisnya di Praya, Lombok Tengah, Kamis.

Ia mengatakan zona musim merupakan suatu zonasi wilayah dimana wilayah-wilayah yang tergabung dalam satu zona musim memiliki
karakteristik hujan dan musim yang mirip.

Baca juga: BMKG sebut Provinsi Jambi masuk musim kemarau pada awal Juni

Musim kemarau yang akan terjadi di 2022 diperkirakan bersifat normal atau sama dengan rerata klimatologisnya pada 18 ZOM (86 persen), bawah normal atau lebih rendah dibandingkan rerata klimatologisnya pada 2 ZOM (9 persen) dan atas normal atau lebih tinggi dibandingkan rerata klimatologisnya pada 1 ZOM (5 persen).

"Pada dua tahun terakhir di wilayah NTB umumnya kita rasakan musim kemarau yang cenderung lebih banyak hujan dibandingkan pada musim kemarau sebelum-sebelumnya," katanya.

Baca juga: BMKG: Sebagian Jateng sudah masuk kemarau awal April

Kondisi tersebut terjadi sebagai dampak fenomena La-Nina yang berlangsung sejak pertengahan 2020 hingga di awal 2022 ini. Menghadapi musim kemarau 2022 yang akan terjadi sifatnya yang cenderung normal, masyarakat di NTB perlu mewaspadai terjadinya kekeringan, mengingat besarnya potensi bencana tersebut di NTB baik pada saat kondisi yang normal hingga bawah normal.

"Kedatangan musim kemarau umumnya berkaitan erat dengan peralihan angin barat (Monsun Asia) menjadi angin timur (Monsun Australia)," katanya.

BMKG memprediksi peralihan angin monsun akan terjadi pada akhir Maret 2022 dan setelah itu monsun Australia akan mulai aktif sehingga musim kemarau 2022 di Indonesia diperkirakan umumnya akan dimulai pada April.

Baca juga: Jawa Tengah bagian selatan diprakirakan memasuki kemarau pada Juli

Selain itu, hasil pemantauan terhadap anomali iklim global menunjukkan kondisi La Nina diprediksi masih akan terus berlangsung hingga Maret 2022 dengan intensitas yang terus melemah menuju netral. Sedangkan pemantauan kondisi Indian Ocean Dipole Mode (IOD) diprediksi Netral.

"IOD negatif hingga April - Juli 2022," katanya.

Sementara itu, puncak musim kemarau 2022 diprediksi terjadi pada Juli - Agustus 2022. Karena itu kementerian/lembaga, pemerintah daerah, institusi terkait dan seluruh
masyarakat diharapkan lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim kemarau yaitu kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan serta ketersediaan air bersih.

"Pada masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau saat ini pemerintah daerah dapat lebih mengoptimalkan penyimpanan air untuk memenuhi danau, waduk, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya di masyarakat melalui gerakan memanen air hujan," katanya.

Baca juga: BMKG imbau pemda optimalkan penyimpanan air jelang musim kemarau

Baca juga: BMKG: Indonesia masuki musim kemarau pada April 2022

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022