Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Brawijaya mengharapkan para calon rektor yang berkontestasi pada Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2022-2027 memenuhi sejumlah kriteria yang sesuai dengan harapan keluarga besar perguruan tinggi itu.

Ketua Senat Universitas Brawijaya Prof Arifin M. S. dalam jumpa pers di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan bahwa pada pelaksanaan Pilrek 2022-2027 mengusung tema Membangun Peradaban dengan Keteladanan.

Baca juga: Universitas Brawijaya segera gelar pemilihan rektor periode 2022-2027

"Untuk Pilrek periode 2022 - 2027 UB Mengambil tema Membangun Peradaban dengan Keteladanan. Yakni, UB yang unggul, mandiri dan berjiwa entrepreneur serta memiliki reputasi internasional. Itu cita-citanya," kata Arifin.

Arifin menjelaskan para calon rektor yang akan mendaftar pada pemilihan rektor tersebut, diharapkan memiliki sejumlah kriteria, yakni jujur, amanah, mampu menyampaikan pesan-pesan kebenaran dan merupakan pemimpin yang cerdas.

Menurutnya, para calon pemimpin Universitas Brawijaya tersebut merupakan pemimpin yang cerdas secara intelektual, spiritual dan sosial. Keluarga besar Universitas Brawijaya mengharapkan pemimpin yang terpilih nantinya memenuhi sejumlah kriteria tersebut.

"Kami berharap ada pemimpin yang visioner, yang adaptif terhadap perubahan, ini harapan kita bersama. Pemimpin UB, calon rektor yang ingin mendaftar hendaknya memiliki kemampuan itu," ujarnya.

Universitas Brawijaya akan menggelar Pemilihan Rektor (Pilrek) untuk periode 2022-2027, dan merupakan yang pertama kali sejak menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Pemilihan rektor kali ini akan dilakukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) setelah melalui proses penjaringan di Senat Akademik Universitas (SAU).

Baca juga: Dies Natalis ke-58, Universitas Brawijaya hadirkan Presiden Jokowi

Baca juga: Rektor UB instruksikan enam langkah minimalisasi COVID-19 di kampus


Sejumlah tahapan yang dilakukan pada proses pemilihan rektor Universitas Brawijaya tersebut adalah, seleksi bakal calon rektor akan dilakukan pada 29 Maret hingga 12 April 2022. Kemudian, pemilihan calon rektor oleh Senat Akademik UB pada 13-21 April 2022.

Pengusulan tiga calon rektor UB ke Majelis Wali Amanat akan dilakukan pada 21 Mei 2022, serta dilakukan pemilihan rektor oleh MWA. Pelantikan rektor baru, rencananya dilakukan pada 26 Juni 2022.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022