Jakarta (ANTARA News ) - Mendiknas Mohammad Nuh mengatakan tuntasnya kegiatan rehabilitasi sekolah bukan berarti urusan dunia pendidikan selesai karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, yaitu membangun pembentukan kultur sekolah.

"Ada tiga budaya sekolah yang harus dibangun meskipun sarana prasarana selesai dilakukan yaitu budaya bersih, saling menghargai, dan budaya keilmuan," kata Mendiknas usai peletakan batu pertama Gerakan Nasional Penuntasan Rehabilitasi Gedung SD dan SMP 2011, di SD Babakan Madang 01 Bogor.

Tiga budaya tadi budaya dasar. Yang harus dikembangkan lagi adalah budaya cinta dan bangga terhadap tanah air. Ini yang tak boleh dilupakan dan harus menjadi bagian utuh dari tiga budaya tadi, katanya.

Dikatakannya, mengembangkan budaya cinta tanah air dimulai dari kebiasaan berupacara, menghormati bendera. Memahami esensi Pancasila, dan UUD 1945 sampai dengan hakekat Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinekka Tunggal Ika.

Mendiknas menyatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyo usai kunjungannya saat safari ramadhan lalu di beberapa daerah termasuk di SD Babakan Madang 01 ini menginstruksikan agar mulai tahun 2011 ini dilakukan gerakan nasional untuk rehabilitasi ruang-ruang kelas.

Ruang-ruang belajar yang direhab meliputi sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), madrasah ibtidaiyah (MI), dan madrasah tsanawiyah (MTs).
(Z003) 

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011