perencanaan yang cermat berkonsep ramah lingkungan
Jakarta (ANTARA) - Anak usaha BUMD DKI Jakarta PT Jakpro, PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) mendorong agar pengguna Jakarta International Stadium (JIS) menerapkan perilaku ramah lingkungan.

"Pada fase awal, kami menangani 'Basic Engineering Design' JIS dan perencanaan yang cermat berkonsep ramah lingkungan," kata Direktur Business Support dan Sustainability Jakkon Hani Sumarno di JIS, Jakarta Utara, Minggu.

Ia mencontohkan perilaku ramah lingkungan tersebut di antaranya bijak menggunakan air bersih, mengurangi potensi kemasan, mengambil makanan secukupnya agar tidak terbuang sia-sia.

Kemudian, memilah sampah sesuai jenisnya, mengoptimalkan cahaya dan energi matahari dan inisiatif mudah dimulai dari diri sendiri.

Kebiasaan ramah lingkungan itu diharapkan diterapkan saat fase akhir yang pada Maret ini sudah memasuki penyelesaian proyek JIS.

Baca juga: JIS akan uji coba kemampuan serap air pada 23 Maret

Dengan begitu, langkah tersebut mendukung predikat JIS yang meraih bangunan berbasis hijau tingkat platinum.

Ia menjelaskan JIS meraih skor 63 berdasarkan hasil penilaian sertifikasi 'Green Building Council Indonesia (GBCI) pada "design recognition' dari skala maksimal 77.

Capaian itu sekaligus tantangan agar menjadi budaya ramah lingkungan oleh para pengguna JIS.

"Kami mengambil peran pendampingan bagi masyarakat Jakarta untuk memantaskan kita sebagai tuan rumah yang baik sehingga 'green building' JIS ini sepadan dengan perilaku teladan kita yang akan memanfaatkannya," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Aset Jakpro Gunung Kartiko menjelaskan saat ini proses pembangunan JIS sudah mencapai 98 persen.

Baca juga: Jakpro targetkan JIS rampung April 2022

Pihaknya menargetkan awal April 2022 seluruh pengerjaan JIS sudah selesai sehingga bisa segera dibuka operasionalnya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022