Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan menembak Piala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2022 mengundang sejumlah pejabat publik dan beberapa artis sebagai peserta lomba demi membantu mempopulerkan olahraga menembak di Indonesia.

“Kami mengundang pejabat negara maupun pejabat TNI dan Polri termasuk artis, (seluruhnya) total 75 orang,” kata Ketua Panitia Piala Danpaspampres 2022 Kolonel Infanteri Rudi Setiawan saat jumpa pers di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Kamis.

Dari puluhan pejabat negara dan pejabat TNI/Polri yang diundang itu, per hari ini kurang lebih 50 persen di antaranya telah memastikan kehadirannya ikut serta dalam pertandingan menembak Piala Danpaspampres 2022.

Pejabat negara yang mengkonfirmasi keikutsertaan itu, antara lain Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Yasonna Laoly dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menkumham menyempatkan diri berlatih di arena menembak Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Animo masyarakat ikuti lomba Tembak Piala Komandan Paspampres tinggi
Baca juga: Piala Danpaspampres 2022 beri pemenang hadiah total ratusan juta
Baca juga: Perbakin akan jadikan Lomba Tembak Piala Danpaspampres agenda tahunan


Kemudian, Ketua Panitia Piala Danpaspampres 2022, yang juga menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Paspampres, menerangkan ada 11 artis yang diundang ikut serta dalam kejuaraan. Dari jumlah itu, delapan di antaranya telah konfirmasi hadir.

Ketua Panitia Piala Danpaspampres menyampaikan animo masyarakat mengikuti kejuaraan cukup tinggi mengingat jumlah pendaftar terus bertambah sampai hari pertama lomba.

Kolonel Inf. Rudi Setiawan menyebut jumlah pendaftar per hari ini kurang lebih 500 orang. Jumlah itu kemungkinan terus bertambah sampai hari terakhir penyelenggaraan lomba, Minggu (13/3).

Piala Danpaspampres 2022 kembali digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, pada 10--13 Maret 2022, setelah sempat vakum selama tiga tahun. Kejuaraan tahun ini digelar di tujuh kelas, yaitu tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air rifle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi.

Tujuh kelas itu terdiri atas lebih dari 19 nomor pertandingan.

Untuk hari pertama, ada dua kelas yang dilombakan, yaitu tembak eksekutif 20 meter TNI/Polri/Sipil, dan tembak presisi 25 meter TNI/Polri/Sipil.

Hari kedua Piala Danpaspampres melombakan lima kelas pertandingan, yaitu tembak eksekutif 20 meter TNI/Polri/Sipil, tembak presisi 25 meter TNI/Polri/Sipil, Paspampres Style TNI/Polri/Sipil, tembak reaksi IPSC dan non-IPSC, tembak air pistol dan air rifle.

Hari ketiga Piala Danpaspampres, Sabtu (12/3), lanjut melombakan lima kelas pertandingan, yaitu tembak eksekutif 20 meter TNI/Polri/Sipil, tembak presisi 25 meter TNI/Polri/Sipil, Paspampres Style TNI/Polri/Sipil, tembak reaksi IPSC dan non-IPSC, tembak air pistol dan air rifle.

Hari terakhir kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 merupakan babak final tembak eksekutif 20 meter TNI/Polri/Sipil, tembak presisi 25 meter TNI/Polri/Sipil, Paspampres Style TNI/Polri/Sipil, tembak reaksi IPSC dan non-IPSC, tembak air pistol dan air rifle.

Kelas lain yang digelar pada hari terakhir, tembak dueling plat perwira tinggi TNI/Polri/Sipil.

Pemenang lomba menembak Piala Danpaspampres 2022 akan menerima trofi, medali, serta uang pembinaan yang totalnya hampir mencapai Rp200 juta.

Di samping itu, mereka yang meraih gelar juara, urutan kedua, dan urutan ketiga pada masing-masing kelas juga berhak ikut undian hadiah tambahan (doorprize) berupa sepeda motor.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022