Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat jumlah kasus aktif COVID-19 Kabupaten Lingga terendah dibandingkan enam kabupaten dan kota di wilayah itu.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Eko Sumbaryadi, di Tanjungpinang, Rabu, merinci jumlah kasus aktif COVID-19 di Lingga sebanyak 31 orang.

"Sehari yang lalu kasus aktif bertambah delapan orang sehingga menjadi 31 orang," kata Penjabat Sekda Kepri itu.

Eko menambahkan jumlah kasus aktif terendah kedua berada di Kabupaten Natuna sebanyak 85 orang. Sementara kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas dan Karimun masing-masing 105 orang dan 242 orang.

Baca juga: Satgas: jumlah kasus aktif COVID-19 di Kepri turun drastis

Baca juga: Satgas: Warga Kepri yang sembuh dari COVID-19 bertambah 244 orang


Kasus aktif terbanyak di Kota Batam 1.286 orang. Namun, kasus aktif di Batam jauh berkurang dibanding pekan lalu, yang mencapai 2 ribu orang.

Kasus aktif di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan menempati urutan kedua dan ketiga terbanyak di Kepri yakni 740 orang dan 461 orang.

"Total jumlah kasus aktif COVID-19 di Kepri sekarang mencapai 2.950 orang," ucapnya.

Eko mengimbau warga untuk menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan secara konsisten. Warga juga diminta tidak berada di tempat keramaian untuk mencegah penularan COVID-19.

Banyak warga yang tertular Omicron, tanpa gejala, masih berkeliaran, karena tidak mengetahui kalau dirinya sudah terinfeksi virus itu. Aktivitas mereka ini membahayakan warga lainnya, terutama yang memiliki penyakit penyerta.

"Mereka baru mengetahui tertular Omicorn setelah dilakukan tes usap dengan metode PCR berdasarkan hasil penelusuran terhadap pasien COVID-19," ujarnya.*

Baca juga: Satgas: Kasus aktif COVID-19 di Kepri mencapai 3.647 orang

Baca juga: Sejak pandemi, warga Kepri meninggal akibat COVID-19 capai 1.779 orang

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022