Makassar (ANTARA) - Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin menyelenggarakan "Alumni Talk: Kiprah Sang Pemimpin" dengan menghadirkan tiga kepala daerah dan dua ketua DPRD secara virtual, Selasa.

Kegiatan yang merupakan rangkaian Dies Natalis ke-70 ini diikuti Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe SH MH, Bupati Gowa Dr Adnan Purichta Ichsan SH MH, Bupati Donggala, Sulawesi Tengah Kasman Lassa SH MH, serta Rudianto Lallo, SH (Ketua DPRD Kota Makassar) dan A Ina Kartika Sari SH MSi (Ketua DPRD Sulsel.

Taufan Pawe menjelaskan pentingnya inovasi dari seorang kepala daerah. Inovasi telah melekat terhadap fungsi dan tanggung jawab sebagai pemimpin dalam membuat kebijakan yang berpedoman atau mengacu pada setiap peraturan yang berlaku.

Menurut dia, setiap kebijakan memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: KY gandeng FH Unhas sosialisasi penjaringan calon hakim agung

Baca juga: MK gandeng FH Unhas tingkatkan pemahaman konstitusi warga negara


"Hal ini berkaitan dengan bagaimana strategi tata kelola pemerintah serta sangat diperlukan inovasi dalam melihat perkembangan isu atau permasalahan di tengah masyarakat dengan menetapkan skala prioritas,” katanya.

Sementara Adnan Purichta menyampaikan penerapan inovasi hukum oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, antara lain dengan menetapkan aturan terhadap inovasi pengelolaan keuangan dan aset daerah, inovasi pencegahan penyalahgunaan wewenang dalam perizinan, dan inovasi perencanaan dan penganggaran.

Beberapa hal tersebut sejalan dengan penerapan strategi pencegahan permasalahan hukum di daerah, kata dia, seperti dengan peningkatan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi serta mengoptimalkan kepatuhan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan urusan pemda.

Mewakili Rektor Unhas, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr drg A Arsunan, MKes, menyatakan kekuatan alumni Unhas sangat berarti dalam setiap pencapaian universitas. Sehingga diharapkan peran alumni bisa meningkatkan jejaring di semua level kehidupan di antara sesama alumni.

“Kekuatan alumni sangat besar jika disinergikan dengan baik dengan memberikan inovasi besar demi kemajuan bangsa dan negara, salah satunya alumni Fakultas Hukum yang sampai saat ini telah banyak menempati posisi strategis di negara ini dan itu adalah kebanggaan kita bersama,” ujarnya.*

Baca juga: Dirjen Kemenkes dan Dekan FH daftar balon Rektor Unhas

Baca juga: Jenderal TNI alumnus FH Unhas beri motivasi maba

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022