Jakarta (ANTARA) - China menurunkan atau membebaskan enam pajak lokal dan dua biaya untuk usaha kecil dan mikro, ungkap Kementerian Keuangan China pada Jumat (4/3).

Potongan pajak dan biaya tersebut mulai diterapkan sejak 1 Januari 2022 dan akan berlaku sampai 31 Desember 2024, menurut sebuah edaran yang dikeluarkan bersama oleh Kementerian Keuangan dan Administrasi Pajak Negara.

Jika dirinci, pajak sumber daya, pajak konstruksi dan pemeliharaan perkotaan, pajak real estate, pajak guna lahan perkotaan, pajak materai, dan pajak lahan pertanian yang digunakan untuk kegiatan nonpertanian, maupun biaya tambahan pendidikan dan biaya tambahan pendidikan daerah diturunkan untuk semua wajib pajak pertambahan nilai berskala kecil, usaha kecil berprofit rendah, serta rumah tangga wiraswasta.

Potongan pajak dan biaya ini juga berlaku bagi mereka yang telah mendapatkan manfaat dari kebijakan preferensial lainnya yang relevan, sebut edaran tersebut.

Usaha kecil berprofit rendah yang disebutkan dalam edaran ini merujuk pada usaha legal dengan pendapatan kena pajak tahunan kurang dari 3 juta yuan (1 yuan = Rp2.275), tidak lebih dari 300 karyawan, dan aset total tidak lebih dari 50 juta yuan. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022