Hal ini termasuk layanan jasa TIC pada industri berbasis clean energy dan kawasan industri hijau
Jakarta (ANTARA) - PT SUCOFINDO (Persero), anggota induk Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey, memperkuat layanan Jasa Testing, Inspection dan Certification (TIC) untuk mendukung sektor Pertambangan, Energi, serta Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Direktur Utama PT SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan bahwa layanan Jasa SUCOFINDO pada sektor pertambangan dan energi adalah untuk mendukung sektor tersebut dalam menurunkan emisi karbon dan mendukung aksi mitigasi perubahan iklim.

"Hal ini termasuk layanan jasa TIC pada industri berbasis clean energy dan kawasan industri hijau," ujar Mas Wigrantoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Layanan SUCOFINDO terkait hal tersebut, diantaranya sertifikasi ISO 50001:2018 terkait Sistem Manajemen Energi, Pengelolaan Limbah Terpadu, Verifikasi dan Validasi Gas Rumah Kaca, Lembaga Sertifikasi Produk untuk Produk Hemat Energi (seperti Lampu, AC), dan Audit Energi. Termasuk pada industri pertambangan, SUCOFINDO memberikan layanan terkait Verifikasi Tata Kelola Pertambangan.

Selain hal tersebut di atas, SUCOFINDO juga mengembangkan layanan jasa baru pada 2022 terkait Verifikasi IMEI di perangkat HKT (Handphone, Komputer, Tablet), Manual Kartu Garansi, Pengujian Alat Kesehatan untuk Rumah Sakit Kelas B, Teknologi Informasi untuk pemantauan inovasi untuk Peningkatan Penilaian Aspek Sosial.

Selaras dengan strategi SUCOFINDO sebagai Digital TIC Company, SUCOFINDO juga tengah mengembangkan Penggunaan Augmented Reality dan Virtual Reality, Big Data serta teknologi IoT (Internet of Things) untuk melakukan inspeksi berbasis resiko, monitoring, survey dan lainnya.

SUCOFINDO memperkuat layanan Jasa Testing, Inspection dan Certification (TIC) untuk mendukung sektor Pertambangan, Energi, dan Energi Baru Terbarukan di Indonesia.

Pada sektor Pertambangan, layanan ini untuk mendukung penerapan Tata Kelola Pertambangan dan untuk sektor energi untuk mendorong penurunan emisi karbon dan optimalisasi penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Strategi inisiatif ini ditetapkan SUCOFINDO untuk mencapai kinerja 2022.

Baca juga: Dukung pemulihan ekonomi, Sucofindo serahkan sertifikat halal UMK

Baca juga: Adhi Karya-Sucofindo teken MoU kelola limbah terintegrasi

Baca juga: SUCOFINDO - INDOFARMA jalin sinergi operasikan Pusat Logistik Berikat

Baca juga: SUCOFINDO raih penghargaan Adhikara Rekayasa dari PII

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022