Sejauh ini, investor tampaknya mengabaikan peluang "stagflation-lite" yang lebih besar, yang berarti sanksi menghasilkan lebih banyak inflasi di pasar negara maju....
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Asia merangkak lebih tinggi pada perdagangan Kamis pagi, setelah komentar meyakinkan dari Federal Reserve membantu reli Wall Street, meskipun perang di Ukraina mengirim harga minyak dan sumber daya melonjak semakin tinggi dalam pertanda suram bagi inflasi global.

Negara-negara Barat memperketat sanksi terhadap Rusia ketika kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv, mengalami pemboman berat pada Rabu (2/3/2022) dan lusinan negara merujuk Moskow untuk diselidiki atas potensi kejahatan perang.

"Sejauh ini, investor tampaknya mengabaikan peluang "stagflation-lite" yang lebih besar, yang berarti sanksi menghasilkan lebih banyak inflasi di pasar negara maju dan sedikit mengurangi pertumbuhan ekonomi," kata Thomas Mathews, ekonom pasar di Capital Economics.

Baca juga: Saham tergelincir, minyak lampaui 110 dolar, sanksi Rusia kian agresif

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang menguat 0,4 persen dan menjauh dari level terendah 15-bulan baru-baru ini. Nikkei Jepang terdongkrak 1,0 persen, sementara lonjakan komoditas mengangkat Australia yang kaya sumber daya 0,9 persen lebih tinggi.

Setelah rebound semalam, indeks saham berjangka S&P 500 turun sedikit, sementara Nasdaq berjangka turun 0,2 persen.

Saham Eropa juga mendapat penangguhan hukuman dari penjualan, meskipun analis di JPMorgan memiliki peringatan keras untuk kliennya.

"Kami percaya investor harus meremehkan area euro baik dalam mata uang dan ruang ekuitas mengingat kerentanannya terhadap eskalasi lebih lanjut," tulis mereka dalam sebuah catatan.

"Kami merevisi perkiraan harga komoditas kami 10-20 persen lebih tinggi secara keseluruhan mengingat krisis geopolitik yang sedang berlangsung," tambah mereka. "Satu hikmahnya adalah bahwa krisis memaksa penilaian ulang yang dovish dari Fed oleh pasar, dan kami terus mengasumsikan jalur pendakian 'moderat'."

Baca juga: Saham Inggris berakhir positif, indeks FTSE 100 terangkat 1,36 persen

Ketua Fed Jerome Powell pada Rabu (2/3/2022) mengatakan suku bunga kemungkinan akan dinaikkan hanya 25 basis poin bulan ini, dan perang di Ukraina telah membuat prospek "sangat tidak pasti".

Pasar berjangka bereaksi dengan memperkirakan kemungkinan kenaikan setengah poin pada Maret.

Namun, Powell memperingatkan The Fed mungkin harus menaikkan lebih agresif jika inflasi terus meningkat. Itu membuat sebagian safe-haven keluar dari obligasi pemerintah dan imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun melesat kembali ke 1,878 persen, dari palung dua bulan Selasa (1/3/2022) di 1,682 persen.

Obligasi Eropa juga menyerahkan beberapa keuntungan besar dan kuat baru-baru ini setelah data menunjukkan inflasi zona euro mencapai rekor tertinggi 5,8 persen pada Januari, membuat lebih sulit bagi ECB untuk menjaga kebijakan super longgar.

Inflasi juga menjadi perhatian bank sentral Kanada ketika memulai siklus pengetatan pada Rabu (2/3/2022) dengan kenaikan suku bunga seperempat poin menjadi 0,5 persen.

Langkah tersebut dikombinasikan dengan kekuatan harga minyak untuk mengangkat dolar Kanada ke level tertinggi lima minggu di 1,2625 dolar AS. Mata uang terkait komoditas lainnya juga diuntungkan dengan dolar Australia pada puncak enam minggu.

Euro tetap defensif di 1,1112 dolar AS, setelah menembus palung 22-bulan semalam di 1,1056 dolar AAS. Dolar naik tipis menjadi 115,53 yen karena posisi perdagangan Jepang akan memburuk mengingat Jepang adalah importir utama energi dan sumber daya.

Baca juga: Saham Jerman berbalik menguat, indeks DAX 40 terkerek 0,69 persen

Semuanya melihat indeks dolar AS mencapai level tertinggi sejak Juni 2020 di 97,834. Terakhir di 97,377.

Emas bertahan di 1.929 dolar AS per ounce dan masih naik 2,0 persen pada minggu ini berkat permintaan safe-haven.

Minyak melonjak melewati 110 dolar AS per barel di tengah ekspektasi pasar akan tetap kekurangan pasokan untuk beberapa bulan mendatang menyusul sanksi terhadap Moskow dan banjir divestasi aset minyak Rusia oleh perusahaan-perusahaan besar.

Minyak mentah AS naik lagi 36 sen menjadi 110,96 dolar AS per barel, sementara Brent belum diperdagangkan setelah melonjak 9 persen semalam menjadi 114,54 dolar AS per barel.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022