Terjadi penurunan IHPB 0,01 persen pada Februari 2022 dibandingkan Januari 2022. Kalau kita lihat penurunannya terjadi pada sektor pertanian 1,14 persen.
Jakarta (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga telur ayam dan ayam ras yang mengalami penurunan menjadi salah satu pemicu menurunnya indeks harga perdagangan besar (IHPB) umum nasional.

"Terjadi penurunan IHPB 0,01 persen pada Februari 2022 dibandingkan Januari 2022. Kalau kita lihat penurunannya terjadi pada sektor pertanian 1,14 persen. Penyebab utama dari penurunan IHPB terkait telur ayam ras dan ayam ras, cabai rawit, dan kubis atau kol," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS  Setianto saat konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BPS sebut minyak goreng picu deflasi Februari 2022

Sementara itu, untuk sektor pertambangan dan penggalian, IHPB mengalami kenaikan 0,67 persen, di mana penyebab utamanya adalah harga pasir.

Selanjutnya, untuk sektor industri mengalami kenaikan IHPB 0,24 persen. Kenaikan IHPB untuk sektor industri utamanya adalah karena kenaikan solar, rokok kretek dengan filter, elpiji, dan gula pasir.

Baca juga: BPS: Sektor hortikultura alami peningkatan NTP tertinggi

Terakhir, IHPB kelompok bangunan konstruksi yang secara umum masih mengalami kenaikan 0,29 persen pada Februari 2022 dibandingkan bulan sebelumnya.

"Jadi, kelompok komoditas yang mengalami kenaikan pada Februari 2022 adalah solar, pasir, besi konstruksi bangunan, barang dari logam aluminium siap pasang untuk bangunan, pipa pvc, serta cat dan sejenisnya," tukas Setianto.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022