Ngabang, Kalbar (ANTARA News) - Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak, Kalimantan Barat menyatakan bahwa pada Lebaran 2011 rumah sakit tersebut tetap melayani pasien.

"Kita baik Idul Fitri, Natal, dan hari raya keagamaan lainnya tetap melayani pasien selama 24 jam. Seperti pada Unit Gawat Darurat yang biasa ada pasien kecelakaan lalu lintas," kata Direktur RSUD Landak Krisman di Ngabang, Selasa.

Menurutnya, petugas piket selalu siaga di Unit Gawat Darurat(UGD) rumah sakit tersebut, karena biasa tengah malam juga ada pasien kecelakaan lalu lintas.

"Jika korban kecelakaan mengalami luka kegawatan tetap dirujuk di rumah sakit di Pontianak," ujar Krisman.

Ia mengaku, di rumah sakit yang ia pimpin memang masih kurang dokter spesialis. Saat ini baru ada dokter spesialis penyakit dalam, sedangkan dokter spesialis kebidanan, spesialis anak belum ada.

Sementara di rumah sakit tidak ada dokter spesialis anak, maka pihaknya koordinasi dengan dinas kesehatan daerah setempat.

"Kita mohon kasus kegawatan persalinan dari sejumlah Puskesmas jangan dirujuk di RSUD Landak, tapi langsung ke rumah sakit lain yang sudah ada sarana dan dokternya. Misal ke Pontianak," ujar Krisman.

Ia menambahkan, mengapa kalau ada kegawatan persalinan agar langsung dirujuk di rumah sakit ke lain, karena jika dirujuk di Landak akan menambah waktu sementara pasien harus cepat mendapatkan pertolongan.

"Jadi ini yang sedang koordinasikan kepada dinas kesehatan agar menginstruksikan para puskesmas di kecamatan. Karena inilah kondisi rumah sakit kita, memang tipe masih D tapi sudah diajukan tipe C," tandas Krisman.  (ANT271/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011