Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai persiapan untuk menyambut dan menyukseskan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

"Kita telah mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut PON XXI yang akan berlangsung tahun 2024 di Aceh-Sumut," kata Nova dalam deklarasi PON Aceh-Sumut 2024 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis.

Gubernur mengungkapkan Pemprov Aceh sudah menetapkan lini masa semenjak pengajuan pencalonan tuan rumah PON XXI bersama Sumut sejak 2018 mulai dari pembentukan tim, penentuan lokasi dan cabang olahraga serta berbagai rapat koordinasi, monitoring dan evaluasi.

Aceh nantinya akan menjadi lokasi 33 cabang olahraga PON 2024 yang dipertandingkan dan disebar ke Banda Aceh, Aceh besar, Sabang, Pidie, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tengah hingga Aceh Jaya.

Baca juga: Aceh-Sumut deklarasikan pelaksanaan tuan rumah PON 2024

Gubernur juga menegaskan persiapan terus dimatangkan meliputi sarana olahraga, perhotelan, transportasi, layanan kesehatan dan lainnya guna memaksimalkan dan menyukseskan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

"Kita terus mematangkan berbagai persiapan dan segala kekurangan segera kita lengkapi dan sempurnakan, sehingga PON XXI mendatang dapat berjalan dengan sukses dan meriah. Terutama yang paling penting juga dapat memuaskan atlet beserta official dan juga masyarakat," kata Nova.

Ia menjelaskan sebuah stadion utama akan dibangun di salah satu kawasan Kabupaten Aceh Besar, tepatnya di Kecamatan Kuta Malaka, yang nantinya bakal menjadi lokasi upacara pembukaan PON Aceh-Sumut 2024.

Dari segi akomodasi dan transportasi, Gubernur menyatakan Aceh sudah cukup memadai dengan ketersediaan 157 hotel/wisma dengan kapasitas 3.982 kamar, dua bandar udara, satu terminal bus dan empat pelabuhan di klaster Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang dan Aceh Jaya.

Lantas klaster Pidie, Bireuen, Bener Meriah dan Takengon disokong 50 hotel/wisma berkapasitas 2.500 kamar, satu bandara dan tiga terminal bus. Sedangkan 40 hotel/wisma berkapasitas 2.000 kamar, satu bandara, tiga terminal bus dan satu pelabuhan terdapat di klaster Lhokseumawe, Aceh Timur dan Aceh Utara.

Baca juga: KONI isyaratkan pembatasan mutasi atlet untuk PON Aceh-Sumut

Senada dengan sejawatnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga melaporkan kesiapan provinsinya menyelenggarakan 34 cabang olahraga PON 2024, yang sebagian besar rencananya bakal terpusat di satu kawasan.

"Kita telah merancang satu kawasan yang nantinya semua kegiatan dilaksanakan di sana. Insya Allah kami siap untuk melaksanakan kegiatan nasional yang akan melahirkan atlet terbaik untuk membesarkan republik ini," katanya.

Deklarasi tuan rumah pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 dihadiri langsung Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis.

Baca juga: Deklarasi PON Aceh-Sumut, Menpora bicara tolok ukur prestasi-pembinaan
Baca juga: Menpora dorong percepatan infrastruktur PON Aceh-Sumut


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022