Sukabumi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memberikan bantuan kepada masyarakat yang tidak memiliki rumah layak huni dengan cara memperbaiki dan membangun sehingga menjadi rumah sehat.

"Kami targetkan tahun ini pembangunan 1.240 rumah sehat bisa selasai dikerjakan dan tahun depan jumlahnya akan kami tambah," kata Waki Bupati Sukabumi, Ahmad Jajuli kepada wartawan.

Menurutnya, pembangunan rumah sehat ini bersinergis dengan pembangunan desa sehat di Kabupaten Sukabumi. Selain itu, membantu masyarakat yang memiliki rumah tetapi tidak layak huni tetapi dibangun lebih layak lagi dan sehat.

 "Maksud rumah sehat ini seperti memiliki MCK sendiri dan fentilasi yang tersedia selain itu, kondisi ruangan yang layak dan bersih," jelasnya.

Jajuli menuturkan, kriteria warga yang mendapatkan bantuan ini yakni memiliki tanah sendiri dan termasuk ke dalam golongan yang benar-benar tidak mampu. Selain itu, pihak desa atau kelurhan akan menyeleksi warganya yang tidak mampu agar mendapatkan bantuan ini.

Bantuan ini diharapkan bisa membantu masyarakat kabupaten, namun sampai saat ini baru 40 kecamatan dari 47 kecamatan yang mendapatkan progam ini.

"Tahun depan diharapkan seluruh kecamatan bisa mendapatkan bantuan pembangunan rumah sehat ini," tuturnya. (ANT)


Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011