BUMN Karya, BUMN Energi, Rekayasa Industri, serta BUMN terkait lainnya, bisa mendapatkan peluang pekerjaan cukup prospektif
Jakarta (ANTARA) - Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menilai pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur akan menjadi peluang yang prospektif bagi BUMN.

"BUMN Karya, BUMN Energi, Rekayasa Industri, serta BUMN terkait lainnya, bisa mendapatkan peluang pekerjaan cukup prospektif," ujar Toto saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin.

Menurut Toto, pembangunan dan pengembangan IKN adalah mega proyek yang akan berlangsung dalam beberapa tahap sampai dengan tahun 2045.

"Tentu banyak proyek pembangunan infrastruktur dan sarana yang akan dikerjakan," katanya.

Baca juga: Generasi muda yang kerja atau buka usaha di IKN bakal dapat insentif

Sebelumnya Rencana pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN tahap pertama periode tahun 2022-2024 terbagi menjadi tiga alur kerja besar yakni pembangunan perkotaan, pembangunan infrastruktur, dan pembangunan ekonomi.

Pada tahun 2022-2023 akan dilakukan pembangunan tahap awal di sebagian Kawasan Induk Pusat Pemerintahan (KIPP). Pada Tahap 1, perumahan untuk ASN, TNI, Polri dan BIN akan dibangun, baik berbentuk rumah tapak maupun unit apartemen, sarana peribadatan, pasar, serta fasilitas akomodasi makan minum akan disediakan untuk mendukung konstruksi dan tahap awal pemindahan.

Sedangkan awal tahun 2023, awal tahun 2024, hingga tahun 2025 dan selanjutnya, pembangunan fasilitas penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi kelas dunia, lembaga pendidikan sepanjang hayat, pusat inovasi, fasilitas kesehatan, dan rumah sakit internasional akan dimulai.

Baca juga: Rencana pembangunan IKN tahap 1 2022-2024 terbagi jadi 3 alur besar

Relokasi penduduk akan dimulai dengan TNI, Polri, dan BIN pada tahun 2023 dan relokasi representasi badan eksekutif, legislatif, yudikatif, serta ASN akan dilakukan pada awal tahun 2024.

Pembangunan tahap 1 sendiri tercapai ketika perpindahan ASN dimulai. Sebelum pencapaian ini, IKN didominasi oleh pekerja konstruksi dan pertahanan keamanan, terutama pada Kawasan IKN.

Baca juga: Pembangunan IKN akan padukan konsep kota hutan dan kota cerdas

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022