Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa penting terjadi di Jakarta, Jumat (18/2), namun lima berita terpopuler di antaranya soal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengunggah pengerukan Kali Mampang di media sosial usai kalah di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta hingga memutakhirkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Jakarta Timur, berikut rangkumannya:

Setelah kalah di PTUN, DKI unggah pengerukan Kali Mampang

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) mengunggah informasi pengerukan di Kali Mampang setelah dinyatakan kalah oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta dalam gugatan warga terkait banjir.

Melalui akun instagram @dinas_sda, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memublikasikan pengerukan Kali Mampang yang disebut telah 100 persen dikerjakan.

"Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta terus berupaya melakukan kegiatan pengerukan atau pengurasan saluran/kali/waduk melalui kegiatan 'Gerebek Lumpur' di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta," demikian unggahan Dinas SDA dikutip pada Jumat malam.

Baca selengkapnya

JakLingko upayakan integrasi transportasi umum pada April 2022

PT JakLingko Indonesia berupaya mengimplementasikan integrasi transportasi angkutan umum di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) pada April 2022 sesuai Instruksi Gubernur (InGub) 49 Tahun 2021.

"Targetnya di bulan April, tapi kita lihat prosesnya. Jadi targetnya, berdasarkan InGub ini tanggalnya seperti itu. Kami secara sistem berkomitmen untuk bisa mengimplementasikan itu," kata Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhammad Kamaluddin di Jakarta Pusat, Jumat.

Baca selengkapnya

Perum PPD perkuat layanan integrasi Jaklingko Indonesia di Jabotabek

Perusahaan Umum Pengangkut Penumpang Djakarta (Perum PPD) memperkuat platform PT Jaklingko Indonesia dalam mengintegrasikan layanan transportasi bagi warga di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek).

Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa, berharap, integrasi dengan platform Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta itu membuat Jakarta ke depan lebih mudah dijangkau oleh pengguna layanan transportasi Perum PPD di kota dan kabupaten sekitar Jakarta tersebut.

"Alhamdulillah ini bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat sekitar untuk disetarakan kemudahannya dengan masyarakat di DKI Jakarta," ujar Putu Yasa di Kantor PT Jaklingko Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca selengkapnya

​​​​​​​Bank DKI berikan kemudahan UMKM untuk akses KUR

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Bank DKI memberikan kemudahan berupa layanan digital kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai bentuk partisipasi mendukung pertumbuhan ekonomi saat pandemi COVID-19.

"Produk digital ini untuk memudahkan pelaku UMKM di antaranya fasilitas modal kerja melalui KUR dengan plafon sampai Rp500 juta dan bunga bersaing," kata Pemimpin Divisi Mikro Group Kredit UMK PT Bank DKI Triyono Wahyu Setyobudi dalam program "Jumat Beli Lokal" di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya

Sudinsos Jakarta Timur "jemput bola" pemutakhiran DTKS
​​​​​​​
Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Timur mendata ulang atau memutakhirkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan sistem "jemput bola" ke permukiman warga.

Kepala Sudin Sosial Jakarta Timur Purwono mengatakan hal itu untuk mengantisipasi identitas warga tidak mampu yang belum tercantum pada DTKS, mengingat input data dilakukan secara daring.

"Pendataan DTKS kita lakukan sampai tanggal 20 Februari mendatang. Kita harapkan seluruh warga tak mampu namanya sudah masuk dalam DTKS. Sehingga saat ada program pemberian bantuan sosial, mereka tidak ada lagi yang tertinggal dan tak mendapatkan bantuan," kata Purwono di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022