Baht mendapat dukungan dari kenaikan harga emas, yang menyebabkan aksi ambil untung dari para pemain emas
Bengaluru (ANTARA) - Sebagian besar mata uang dan saham Asia berada di bawah tekanan pada Senin, dengan peso Filipina memimpin penurunan karena ketegangan geopolitik menghasilkan dorongan terhadap dolar, sementara baht Thailand menyentuh level tertinggi lima bulan.

Peso tergelincir sebanyak 0,3 persen untuk menandai hari terburuknya dalam seminggu, sementara ringgit Malaysia dan rupee India melemah antara 0,1 persen dan 0,3 persen.

Namun baht Thailand naik menguat 0,5 persen hingga menyentuh level tertinggi sejak awal September, didukung oleh kenaikan harga emas baru-baru ini. Baht kemudian menghapus kenaikannya dan turun 0,3 persen pada pukul 06.01 GMT tetapi melayang di dekat tertinggi tiga bulan mereka.

"Baht mendapat dukungan dari kenaikan harga emas, yang menyebabkan aksi ambil untung dari para pemain emas," kata Poon Panichpibool, Ahli Strategi Pasar Krung Thai Bank.

Menjual emas dalam dolar AS dan mengubahnya menjadi baht akan meningkatkan mata uang lokal, tambah Panichpibool.

Pasar menjadi defensif karena meningkatnya ketegangan di Ukraina, dengan pasar Asia yang sensitif terhadap risiko melihat arus keluar menuju aset safe-haven termasuk dolar dan emas.

Baca juga: Ketegangan Ukraina kekang euro, picu serbuan ke mata uang aman

"Dengan penilaian intelijen AS memperkirakan kemungkinan invasi skala penuh oleh Rusia ke Ukraina segera, perkembangan geopolitik yang sedang berlangsung kemungkinan akan membuat investor gelisah minggu ini dan menopang permintaan safe haven untuk dolar," kata analis dari MUFG Bank dalam sebuah catatan penelitian.

Meningkatnya inflasi di seluruh dunia dan meredanya stimulus era pandemi oleh bank-bank sentral utama juga membebani pasar Asia, karena bank-bank sentral di kawasan itu beringsut menuju normalisasi seiring pemulihan ekonomi mereka.

Rupiah Indonesia naik tipis sekitar 0,2 persen menjelang rilis data perdagangan pada Selasa (15/2/2022), sementara won Korea Selatan naik 0,6 persen mendekati level tertinggi empat minggu.

Di tempat lain, saham di Jakarta (JKSE) dan Bangkok (SETI) serta China (SSEC) tergelincir antara 0,7 persen dan 1,5 persen, dengan indeks acuan Indonesia jatuh untuk sesi ketiga berturut-turut, terbesar sejak akhir Januari. Nifty 50 (NSEI) India juga jatuh lebih dari 2,0 persen karena ketegangan yang sedang berlangsung di Ukraina.

KOSPI Korea Selatan kehilangan sekitar 1,5 persen setelah negara itu terus mencatat rekor tertinggi kasus COVID-19 untuk hari kelima berturut-turut, yang mengarah ke lebih banyak pembatasan.

Saham di Manila (PSI) naik sekitar 1,3 persen setelah bank sentral Filipina mengatakan ingin melanjutkan rekor suku bunga rendah untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Bank sentral Filipina diharapkan akan menguraikan keputusan kebijakan moneternya pada Kamis (17/2/2022), di mana diperkirakan akan mempertahankan suku bunga utamanya pada rekor terendah 2,0 persen.

Baca juga: Mata uang Asia lesu jelang data inflasi AS, rupiah Indonesia stabil

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022