Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin mengakui jika Wim Rijsbergen dikontrak selama dua tahun untuk menangani timnas usai memecat pelatih terdahulu, Alfred Riedl.

"Yes. Wim dikontrak selama dua tahun," kata Djohar dengan singkat di Jakarta, Jumat.

Selama ini terjadi teki-teki berapa lama durasi masa kontrak pelatih asal Belanda itu.

Kabar yang berkembang, mantan pelatih Ajax Amsterdam Junior itu hanya dikontrak selama dua pertandingan Pra Piala Dunia 2014 melawan Turkmenistan.

Hanya saja usai pertandingan Indonesia melawan Turkmenistan, Wim Rijsbergen membuka teka-teki itu dan menyatakan jika dirinya dikontrak selama dua tahun oleh PSSI periode 2011-2015 yang baru terbentuk itu.

Meski telah ada penjelasan dengan tegas, PSSI dibawah kepemimpinan duet Djohar Arifin Husin-Farid Rahman tidak membeberkan berapa besar nilai kontrak mantan pelatih PSM Makassar itu.

Dengan adanya kepastian kontrak, Djohar berharap Wim dan jajaran pelatih mempersiapkan tim untuk pertandingan putaran ketiga Pra Piala Dunia 2014 yang rencananya dimulai awal September.

"Pelatih harus segera menyiapkan tim. Pelatih juga harus bisa meningkatkan stamina pemain agar bisa maksimal pada pertandingan nanti meski lawan yang akan dihadapi belum ditentukan," kata Djohar menambahkan.

Indonesia lolos ke putaran tiga Pra Piala Dunia 2014 setelah unggul atas Turkmenistan dengan agregat 5-4. Pada pertandingan pertama di Turkmenistan, Sabtu (23/7), Boaz Salossa dan kawan-kawan berhasil menahan imbang 1-1.

Pada pertandingan kedua di Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (28/7), Firman Utina dan kawan-kawan hampir saja menuai malu. Betapa tidak, sudah unggul 3-0 dibabak pertama, namun diakhir pertandingan nyaris terkejar dengan skor akhir 4-3.

Stamina pemain menjadi sorotan dalam pertandingan yang disaksikan lebih dari 60 ribu penonton itu. Dengan menurunnya stamina berdampak pada konsentrasi pemain. Terbukti dua gol yang diciptakan oleh Turkmenistan hanya terjadi dalam waktu kurang dari lima menit.

Meski demikian, secara hasil anak asuh Wim Rijsbergen dinyatakan sukses karena telah memenuhi target yaitu lolos keputaran ketiga Pra Piala Dunia 2014. Dengan demikian mantan asisten pelatih timnas Trinidad & Tobago itu lolos pada ujian pertama.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011