Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Selasa (8/2), mulai dari KPK membenarkan memintai keterangan Ketua DPRD DKI Jakarta soal penyelenggaraan Formula E hingga Mahkamah Konstitusi RI menjadi tuan rumah Kongres Ke-5 MK tingkat dunia.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

KPK benarkan mintai keterangan Ketua DPRD DKI soal Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan memintai keterangan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi soal penyelenggaraan Formula E.

"Informasi yang kami terima, benar yang bersangkutan telah hadir di Gedung Merah Putih KPK terkait permintaan keterangan dan klarifikasi oleh tim penyelidik KPK," kata Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (8/2).

Selengkapnya baca di sini.

Jasa Raharja beri santunan kecelakaan bus di Bantul kurang dari sehari

Jasa Raharja telah menyerahkan santunan meninggal dunia dalam waktu kurang dari 24 jam sejak kecelakaan bus pariwisata di Bantul, Yogyakarta, kepada 12 ahli waris yang sah dari para korban, sementara seorang korban masih dalam verifikasi.

“Santunan ini dapat diproses dengan cepat, kurang dari 24 jam, karena solidnya kerja sama yang telah terbina dengan instansi terkait,” kata Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (8/2).

Selengkapnya baca di sini.

37 saksi diperiksa terkait pelanggaran HAM berat Paniai

Sebanyak 37 saksi telah diperiksa oleh Tim Jaksa Penyidik Direktorat Pelanggaran HAM Berat Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung dalam penyelesaian perkara dugaan pelanggaran HAM Berat pada peristiwa di Paniai, Papua tahun 2014.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menyebutkan pemeriksaan para saksi dilakukan sejak penyidikan sampai dengan Selasa (8/2).

Selengkapnya baca di sini.

Tim Khusus Bareskrim Polri selidik dugaan pelanggaran kekarantinaan

Bareskrim Polri membentuk tim khusus penyelidikan dugaan pelanggaran dan penyimpangan dalam kekarantinaan yang melibatkan kelompok yang terstruktur atau terorganisir yang dikenal dengan istilah mafia karantina COVID-19.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan Kapolri memerintahkan Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri untuk membentuk tim khusus tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

Anwar Usman sebut MK RI dipercaya tuan rumah Kongres MK tingkat dunia

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia Anwar Usman mengatakan MK RI mendapat kepercayaan dari organisasi MK tingkat dunia sebagai penyelenggara atau tuan rumah Kongres Ke-5 The World Conference on Constitutional Justice (WCCJ) pada 4 hingga 8 Oktober 2022.

"Pesertanya ini luar biasa dan mungkin belum pernah terjadi yakni 118 negara," kata Ketua MK Anwar Usman, di Jakarta, Selasa (8/2).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022