Riyadh (ANTARA) - Akademi Digital Saudi menandatangani kesepakatan dengan raksasa telekomunikasi China Huawei terkait pengembangan bakat-bakat teknologi lokal, Saudi Press Agency melaporkan pada Kamis (3/2).

Kesepakatan tersebut, yang diteken oleh CEO Akademi Digital Saudi Mohammed Al-Suhaim dan Wakil CEO Investasi Teknologi Huawei di Arab Saudi Steven Liu di sela-sela konferensi teknologi internasional Conference LEAP, ditujukan untuk mendorong transformasi digital negara kerajaan itu demi mewujudkan Visi 2030 Arab Saudi.
 
Anak-anak Saudi menjajal produk pintar di toko luar negeri terbesar Huawei pada hari pembukaan toko tersebut di Riyadh, Arab Saudi, pada 2 Februari 2022. (Xinhua/Wang Haizhou)Seorang anak mengunjungi toko luar negeri terbesar Huawei pada hari pembukaan toko tersebut di Riyadh, Arab Saudi, pada 2 Februari 2022. (Xinhua/Wang Haizhou)


Menurut kesepakatan tersebut, kedua belah pihak akan bekerja sama dalam meluncurkan beberapa proyek yang mengandalkan Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi Huawei.

Sekitar 8.000 bakat di Arab Saudi diperkirakan akan dikembangkan melalui program sertifikat teknologi informasi dan komunikasi yang terakreditasi dari Huawei.
 
Seorang anak mengunjungi toko luar negeri terbesar Huawei pada hari pembukaan toko tersebut di Riyadh, Arab Saudi, pada 2 Februari 2022. (Xinhua/Wang Haizhou


Dalam beberapa tahun ke depan, mereka juga akan melakukan upaya bersama untuk menyelenggarakan kompetisi teknologi informasi dan komunikasi tahunan Huawei di Timur Tengah, yang pernah digelar pada 2021 melalui koordinasi dengan Kementerian Teknologi Informasi dan Komunikasi Arab Saudi.

Sejumlah kegiatan lain juga akan diadakan sebagai ajang pertukaran pengetahuan, dengan Huawei menjadi penyedia sertifikat terakreditasi bagi 100 pelatih Saudi melalui program pelatihan di akademi tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022