Shanghai (ANTARA News) - Perusahaan semen China, Anhui Conch Cement Co. menandatangani suatu perjanjian pendahuluan untuk investasi sebesar 2,35 miliar dolar AS guna membangun empat pabrik semen di Indonesia, demikian media China melaporkan.

Produk-produk semen yang dibuat oleh pabrikan luar negeri pertama itu akan dijual di Indonesia dan diekspor ke negara-negara tetangga, demikian Business News melaporkan, mengutip deputi manajer umum Anhui Conch, Zhang Mingjing, lapor AFP.

Perusahaan China itu juga merencanakan membangun pusat pembangkit listrik tenaga batu bara guna memasok kelistrikan ke pabrik-pabrik semen di negara Asia Tenggara, kata Zhang.

China, merupakan produsen semen terbesar dunia, memproduksi 1,88 miliar ton semen pada 2010, menyumbang sekitar setengah produksi global.

Kementerian Industri dan Informasi Teknologi mengatakan pada Mei perusahaan itu juga bermaksud untuk menutup pabrik-pabrik domestik yang sudah tua yang menyumbang 133,55 juta ton produksi semen tahunan.  (S004/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011