Pengembangan jalur rel ganda serta perbaikan semua sarana bagi penumpang perlu dikembangkan di jalur pantura karena jalur tersebut merupakan jalur darat utama bagi pembangunan ekonomi.
Cirebon (ANTARA News) - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat meninjau pengembangan jalur ganda dan perbaikan sarana di Stasiun Kejaksan Kota Cirebon mengatakan, jalur rel ganda mulai dari Jakarta hingga Surabaya akan selesai pada tahun 2014.

"Pengembangan jalur rel ganda serta perbaikan semua sarana bagi penumpang perlu dikembangkan di jalur pantura karena jalur tersebut merupakan jalur darat utama bagi pembangunan ekonomi," katanya kepada wartawan di Cirebon, Selasa.

Jalur utama pantura, kata dia, merupakan sarana penting jalannya roda ekonomi karena sepanjang jalur pantura pembangunan sangat cepat, sarana transportasi kereta api harus dikembangkan supaya menghemat bahan bakar minyak.

Dia menjelaskan, jalur utama rel kereta api saat ini masih terkendala karena masih satu jalur, harapanya setelah selesai dua jalur rel kereta api di pantura transportasi darat dapat ditingkatkan, kemacetan bisa dihindari.

Menurut dia, setelah jalur ganda rel kereta api bisa digunakan, akan mempermudah dalam angkutan barang yang biasa lewat jalan pantura. Sehingga jalan raya pantura aman dan terhindar dari kepadatan kendaraan.

Sementara itu Dirjen Perkeretaapian Tandjung Inderawan menambahkan, jalur ganda rek kereta api sepanjang jalu utama pantura akan memberikan kemudahan bagi penguna kereta api, mereka akan lebih mudah dan murah melakukan perjalanan.

"Kebutuhan masyarakat terkait sarana transprotasi kereta api semakin tinggi, jika jalur rel pantura masih satu rel akan menghambat perjalanan kereta api," katanya.

Dikatakan Kepala Humas Stasiun Kejaksan Cirebon, Sumarsono, jalur rel ganda sepanjang jalur utama pantura perlu dikembangkan diperkirakan tahun 2014 bisa dipergunakan.

"Cirebon - Brebes sepanjang 65 Km yang sekarang dalam pengerjaan proyek diperkirakan akan selesai pada 2014. Sementara jalur rel ganda pantura yang sudah jadi hanya Brebes - Tegal dengan panjang 12 kilometer," katanya.

Dia berharap jalur ganda akan selesai secepatnya supaya sarana transportasi darat andalan masyarakat pantura mudah dan murah, selain itu perbaikan sarana Stasiun Kejaksan akan segara selesai supaya penumpang tidak terganggu proyek tersebut.

(PSO-061)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011