Penanaman pohon dapat dilakukan oleh desa, di titik-titik yang hutannya sudah mulai gundul, lahan kritis, juga di areal perbukitan
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengoptimalkan program Sigi hijau untuk mencegah terjadinya bencana alam banjir bandang, dan longsor di wilayah kabupaten tersebut.

Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Sabtu, mengemukakan, lewat program Sigi hijau, setiap desa harus menanam 10.000 pohon di lahan-lahan kritis di desa.

"Penanaman pohon dapat dilakukan oleh desa, di titik-titik yang hutannya sudah mulai gundul, lahan kritis, juga di areal perbukitan," kata Mohamad Irwan.

Penanaman pohon, kata dia, juga harus dilakukan oleh desa dan pemerintah daerah di daerah aliran sungai, dengan tujuan meningkatkan kualitas DAS, sebagai satu upaya mencegah terjadinya banjir.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi mengakui, bahwa Sigi merupakan satu daerah di Sulawesi Tengah yang rentan terhadap bencana alam banjir bandang, longsor, bahkan gempa bumi dan likuefaksi.

Beberapa wilayah kecamatan di Sigi, tercatat paling rentan dan sering mengalami bencana banjir bandang seperti wilayah Kecamatan Dolo Selatan, Kecamatan Gumbasa, Kecamatan Kulawi.

Karena itu, Pemkab Sigi menggagas dan mengoptimalkan program Sigi hijau, yang menjadi pendekatan aspek lingkungan, untuk pengurangan risiko bencana dengan metode peningkatan kualitas lingkungan.

"Maka kami minta kepada pemerintah desa agar dalam penggunaan anggaran desa, supaya dapat memprioritaskan mengenai pelestarian lingkungan untuk pengurangan risiko bencana," sebutnya.

Selain mengedepankan pendekatan dari aspek lingkungan, Pemkab Sigi juga gencar meningkatkan kapasitas masyarakat dengan membangun kesiapsiagaan untuk pengurangan risiko bencana.

Di Kabupaten Sigi telah terbentuk beberapa desa tangguh bencana dan forum pengurangan risiko bencana, di dalamnya meliputi peningkatan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana, yang dilakukan dengan melibatkan multi pihak salah satunya lembaga swadaya masyarakat.

Baca juga: Warga Sigi diminta lakukan penghijauan cegah banjir bandang terulang

Baca juga: Pemkab Sigi kerahkan alat berat atasi dampak banjir bandang Desa Rogo


 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022