Jakarta (ANTARA) - Para penyanyi idola K-pop yang bernaung di bawah agensi SM Entertainment menghadirkan berbagai penampilan selama konser daring bertajuk "SMTOWN LIVE 2022 SMCU EXPRESS @KWANGYA" yang disiarkan di berbagai kanal salah satunya YouTube selama sekitar 3 jam pada Sabtu ini.

Selain tampil dalam masing-masing grup, para penyanyi SM juga berkolaborasi dalam panggung spesial. Mereka menghadirkan lagu baru, termasuk balada dan unit rap untuk kali pertama. Unit grup SM yakni GOT the beat baru juga perdana menampilkan lagu mereka sebelum peresmian debut beberapa hari mendatang.

Duo idola TVXQ mengawali konser, dengan membawakan "Rising Sun", sebuah lagu yang dirilis pada tahun 2005 dan menjadi bagian dari album kedua mereka berjudul sama dengan lagu. Duo ini juga menghadirkan lagu "Catch Me".

Baca juga: SM Entertainment siap mulai proyek "SMTOWN 2022 : SMCU EXPRESS"

Baca juga: SM Entertainment sebar undangan Halloween ala "Squid Game"


Sebelumnya, masing-masing personel tampil solo. U-Know Yunho membawakan "Thank U", sementara Max Changmin menghadirkan lagu barunya untuk kali pertama, berjudul "Fever", menjadikan konser daring ini spesial.

Grup idola K-pop Super Junior juga ikut menghibur para penggemar mereka melalui penampilan mereka, walau tanpa kehadiran Heechul. Grup pelantun "Bonamana" itu total membawakan sekitar enam lagu termasuk "The Crown", "Burn The Floor", Black Suit", "Mamacita", "Devil" dan "House Party".

Setelah menyapa para penonton melalui salam grup dan perkenalan masing-masing personel, Eunhyuk sempat mengungkapkan harapannya untuk tahun 2022. Dia berharap grupnya bisa meluncurkan album baru dan kembali melakukan tur konser seperti sebelumnya.

Selain mereka, grup idola "Best New Female Artist" pada perhelatan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021, aespa ikut meramaikan konser saat itu. Mereka menghadirkan lagu "Black Mamba" versi orkestra, "Next Level", "Savage" dan "Dreams Come True"yang merupakan remix dari lagu hit tahun 1998 dari S.E.S.

aespa yang debut di tengah pandemi COVID-19 pada tahun 2020 sempat mengutarakan keinginan mereka bisa bertemu langsung dengan para penggemar mereka tahun ini.

Tak hanya tampil dalam grup, sebagian personel juga berpartisipasi dalam penampilan kolaborasi. Giselle bergabung bersama Taeyong, Jeno, Yangyang, Hendery membawakan lagu yang identik dengan rap berjudul "ZOO", yang merupakan bagian dari album "2021 Winter SMTOWN: SMCU EXPRESS" yakni album musim dingin agensi SM Entertainment.

Ningning melakukan duet dengan Onew SHINee menampilkan lagu balada berjudul "Way", Giselle melengkapi penampilan Hyoyeon saat menghadirkan lagu "Second".

Sementara itu, Karina dan Winter bergabung bersama BoA, Seulgi dan Wendy Red Velvet, Taeyeon dan Hyoyeon SNSD dalam grup GOT the Beat. Mereka menyanyikan "Step Back" dengan koreografi energik untuk kali pertama.

GOT merupakan akronim dari Girls on Top. Grup ini beranggotakan tujuh orang wanita dan dijadwalkan debut pada 3 Januari 2022 melalui single digital "Step Back". Mereka unit pertama di bawah proyek Girls On Top SM.

Konser juga dilengkapi penampilan grup Red Velvet. Grup yang belakangan para personelnya sibuk melakukan aktivitas solo itu membawakan lagu "Psycho", "Pose" dan "Queendom". Wendy sempat membawakan lagu solo "Like Water" yang menunjukkan kekuatan suaranya. Selain dia, Joy juga tampil solo menghadirkan lagu "Hello".

Penyanyi senior BoA dan Kangta juga ikut berpartisipasi dalam konser. BoA membawakan lagu "Woman", "Only One" featuring Shotaro NCT, dan "Better". Sementara penyanyi Kangta memamerkan suara merdunya melalui lagu "Free to Fly 2021" dan "Maybe". Usai penampilan, dia mengungkapkan akan segera meluncurkan karya musik baru.

Penampilan kolaborasi para penyanyi SM tak sampai di sana. Kyuhyun Super Junior, Onew SHINee dan Taeil NCT tampil bersama menghadirkan "Ordinary Day", sebuah lagu balada yang juga merupakan bagian dari album "2021 Winter SMTOWN: SMCU EXPRESS". Masing-masing dari mereka mengisi ruang dengar penonton melalui suara merdu mereka.

Pertujukkan lagu balada juga dihadirkan Kun dan Xiaojun WayV melalui lagu "Back to You" versi bahasa Inggris. Ini menjadi lagu duet perdana mereka untuk menemani pendengar mengenang sosok yang berharga. Selain dalam bahasa Inggris, lagu yang berisi jatuh bangun selama menjalin hubungan dengan si dia itu juga hadir dalam bahasa Mandarin.

Grup NCT yang tahun ini meluncurkan album baru berjudul "Universe" tampil dalam subunit mereka. NCT Dream membawakan "Hello Future", "Hot Sauce", NCT 127 dengan lagu "Favorite (Vampire)" dan "Sticker", NCT U dengan "Universe (Let's Play Ball" dan penampilan lengkap semua unit melalui lagu "Beautiful".

Yangyang NCT yang juga personel WayV ikut tampil bersama Hyoyeon SNSD dalam lagu "Dessert".

Selain Onew, dua personel SHINee lainnya yakni Key dan Minho membawakan lagu solo masing-masing. Key dengan "Bad Love dan "Hate That" featuring Taeyeon SNSD, sementara Minho melalui lagu barunya berjudul "Heartbreak". Taeyeon juga ikut tampil solo menghadirkan lagu "Weekend".

Kai EXO pun berpartisipasi dalam konser, menghadirkan lagu "Mmnh" dan "Peaches" yang lagunya resmi dirilis pada 30 November 2021.

Konser daring yang berlangsung selama sekitar 3 jam itu ditutup dengan video musik "Hope of Kwangya", yang lagunya juga dalam album musim dingin agensi SM Entertainment.

Baca juga: K-pop 2021, idola ramah media sosial bakal bertahan selama pandemi

Baca juga: Konser virtual "SMTown Live" raih 35,8 juta penonton

Baca juga: Kejutan SHINee hingga Red Velvet di konser gratis "SMTOWN LIVE" 2021



 

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022