Jakarta (ANTARA) - Stephen Curry menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang menghasilkan 3.000 tripoin sepanjang karier, Selasa malam (Rabu WIB), namun Will Barton menjadi bintang pada menit terakhir pertandingan saat Denver Nuggets mengalahkan Golden State Warriors 89-86 di San Francisco.

Dikutip dari Reuters, Rabu, Barton mencetak empat dari 21 poinnya pada 43,6 detik terakhir.

Nikola Jokic mencetak 22 poin dan 18 rebound, tertinggi dalam pertandingan bagi Nuggets, yang menghadapi Golden State untuk pertama kali musim ini dan akan mendapat kesempatan untuk menyapu dua laga ketika kedua klub bertemu lagi pada Kamis di Denver.

Ketika Warriors tertinggal sebanyak-banyaknya 24 poin, Curry berjuang tanpa lemparan tiga angka selama hampir 36 menit, gagal dalam tujuh upayanya. Ia akhirnya mencetak tonggak sejarah tripoinnya ketika waktu tersisa 5,3 detik pada kuarter ketiga untuk menutup perolehan Warrior 25-14 yang memangkas defisit 24-poin saat jeda menjadi 74-61.

Baca juga: NBA pangkas waktu isolasi COVID-19 untuk beberapa pemain

Curry membenamkan empat tripoin lagi pada periode keempat, termasuk satu ketika waktu bermain tinggal 2:08 yang membawa Warriors mendekat 82-84.

Setelah layup Gary Payton II membawa Golden State menyamakan kedudukan ketika waktu bermain tersisa 1:04, Barton menepuk masuk hasil kesalahannya sendiri dengan waktu tersisa 43,6 detik demi keunggulan yang tak pernah dilepaskan Nuggets. Ia menambah dua lemparan bebas dengan waktu tersisa 32 detik untuk menggandakan selisih angka.

Warriors mendapat dua kesempatan untuk menyamakan kedudukan, termasuk satu penguasaan bola terakhir ketika waktu tinggal 2,3 detik, namun Andre Iguodala gagal memanfaatkan potensi lemparan tiga angka untuk menciptakan perpanjangan waktu, sehingga Nuggets mencatat kemenangan kedua beruntun.

Curry finis dengan 23 poin yang tertinggi dalam pertandingan bagi Warriors, menghasilkan lima dari 14 upaya lemparan tiga angka. Rekan setimnya bergabung hanya menghasilkan lima dari 18 upaya dari luar garis lengkung.

Jokic juga menyumbang lima assist dan empat steal untuk meraih kemenangan itu.

Baca juga: Pelatih Blazers Chauncey Billups masuk protokol COVID

Nuggets memenangi permainan di garis pelanggaran kendati menghasilkan hanya 13 dari 20. Itu karena Warriors gagal 15 dari 31, dengan rookie Jonathan Kuminga mencetak hanya 3-dari-10 pada malam yang menghasilkan sembilan poin itu.

Kuminga, yang mendapat tambahan waktu bermain ketika Draymond Green harus memasuki protokol kesehatan dan keselamatan, juga mempunyai tembakan interior yang diblok oleh Jokic ketika waktu tersisa 3,7 detik dengan Warriors tertinggal dua poin.

Andrew Wiggins menambah 21 poin dan delapan rebound bagi Warriors, sementara Payton memasukkan 11 poin dan Juan Toscano-Anderson menghasilkan 10.

Ketika menghentikan tiga kemenangan beruntun Golden State, Nuggets mendominasi paruh pertama, dimulai dengan 10-0 ketika membuka pertandingan. Barton menghasilkan 17 dari 21 poinnya pada paruh pertama, ketika Denver juga menghasilkan 13-0 saat menuju keunggulan 60-36 pada jeda pertandingan.

Baca juga: Terpapar COVID-19, pelatih Phoenix Monty Williams masuk karantina

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021