Balikpapan (ANTARA) - Warga Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diminta selalu waspada terhadap dampak hujan lebat mulai hari ini hingga Selasa, 28 Desember, seperti jalan licin, banjir, pohon tumbang, tanah longsor, dan dampak lainnya.

"Pada 26-28 Desember sejumlah kawasan di Kaltim berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Ahad.

Prakiraan dini potensi hujan lebat dan petir yang dapat disertai angin kencang tersebut telah disampaikan kepada pihak terkait di kabupaten/kota, terutama BPBD masing-masing daerah agar dapat ditindaklanjuti sebagai langkah antisipasi.

Sejumlah kawasan yang berpotensi hujan lebat tersebut adalah pada Ahad, 26 Desember, terjadi di Kecamatan Sendawar, Bentian Besar, Damai, Melak, Kaliorang, Sandaran, dan Tenggarong.

Baca juga: Sejumlah daerah di Kaltim diprakirakan hujan lebat pada Rabu esok

Baca juga: Kaltim diprakirakan hujan lebat pada Kamis-Jumat


Kemudian sejumlah kawasan di Kota Balikpapan seperti Kecamatan Balikpapan Kota dan Balikpapan Timur. Termasuk sejumlah kecamatan di Kota Samarinda.

Selanjutnya adalah Kecamatan Long Iram, Muara Pahu, Muara Jawa, Muara Muntai, Muara Ancalong, Tabang, Muara Wahau, Laham, Penajam, Sangatta, Kelay, Bongan, Sebulu, Batu Ampar, Bengalon, Babulu, Loa Janan Ilir, Tangah Grogot, Sangkulirang, Muara Koman, dan Kongbeng.

Berikutnya pada Senin, 27 Desember, meliputi Kecamatan Kaliorang, Long Iram, Muara Pahu, Muara Jawa,Tabang, Muara Wahau, Karangan, Long Bangun, Babulu, Kongbeng, Pulau Derawan, Tanjung Redeb, Maratua, Tabalar, dan Kecamatan Kongbeng.

Pada Selasa, 28 Desember, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Kabupaten Kutai Barat yang meliputi Kecamatan Sendawar, Bentian Besar, Damai, dan Kecamatan Melak.

Kemudian sejumlah kecamatan di Kota Balikpapan seperti Balikpapan Kota dan Balikpapan Timur. Sejumlah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara seperti Kecamatan Tenggarong, Muara Jawa, Tabang, Muara Ancalong, Loa Janan Ilir, Sebulu, dan Muara Badak.

"Hujan lebat juga berpotensi terjadi di sejumlah kabupaten lain yang tersebar pada beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Long Iram, Muara Pahu, Muara Wahau, Laham, Penajam, Sangatta, Kelay, Bongan, Batu Ampar, Long Bangun, Babulu, Kongbeng, Pulau Derawan, Tanjung Redeb, dan Long Apari," ucap Heni.*

Baca juga: Kaltim diprakirakan alami hujan lebat disertai petir pada Rabu-Kamis

Baca juga: Puluhan hektare sawah di Samarinda terendam banjir

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021