Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat tidak ada kepadatan arus lalu lintas pada empat ruas tol keluar dan masuk Jakarta selama perayaan Natal 2021.

"Suasana tol masih landai, tidak ada kenaikan berarti, kenaikan paling 10 sampai 13 persen dari arus normal, tapi tidak ada kepadatan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.
​​
Baca juga: Sekitar 21.000 wisatawan kunjungi Ancol pada libur Natal

Sambodo mengatakan informasi tersebut didapat setelah melakukan pemantauan kepadatan arus lalu lintas pada 24-25 Desember 2021.

Adapun empat tol yang menjadi objek pemantauan yakni, Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Meski demikian Sambodo mengatakan kepadatan lalu lintas sempat terjadi di Tol KM 48 Gerbang Tol Kalihurip Utama arah Tol Trans Jawa dan Bandung, namun kepadatan tersebut disebabkan oleh gangguan teknis.

Diketahui, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta telah mempersiapkan sebanyak 8.000 personel gabungan telah disiapkan untuk Operasi Lilin Jaya 2021 pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022.
​​
Baca juga: Lalu lintas landai, Polrestro Jakpus tetap siagakan petugas

Personel gabungan tersebut dikerahkan untuk mengawal dan menjamin keamanan selama berlangsungnya perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Sebanyak 900 personel diantaranya adalah polisi lalu lintas yang bertugas menjaga kelancaran arus lalu lintas selama Operasi Lilin Jaya 2021.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan malam bebas kerumunan (Crowd Free Night/CFN) di 10 kawasan di Jakarta pada malam Tahun Baru 2022.

Adapun 10 kawasan tersebut yakni kawasan Sudirman-Thamrin, Kemang, Bulungan Barito, Senopati Gunawarman SCBD, Asia Afrika, Kota Tua, Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Kelapa Gading dan Monas.

CFN tersebut akan diberlakukan pada 31 Desember 2021 malam hari pukul 22.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2022 pukul 04.00 WIB.

Baca juga: Ibadah Misa Natal di GPIB Immanuel Jakarta digelar dua kali

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021