Solo  (ANTARA News) - Sejumlah produk teknologi informatika dari berbagai instansi dan lembaga dipamerkan dalam Pekan Informasi Nasional di Solo, 20-24 Mei 2011.

Sejumlah lembaga yang tampil dalam pameran di Taman Budaya Jawa Tengah di antaranya Kementerian Komunikasi dan Informatika, Perum LKBN ANTARA, PT Telkom, PT Pos, berbagai operator telepon seluler, dan lain-lain.

Kementerian Komunikasi dan Informatika di antaranya menampilkan penyediaan internet gratis di tingkat kecamatan.

Hal serupa ditampilkan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah yang memajang bus internet.

Adapun Perum LKBN ANTARA juga berpartisipasi dengan menampilkan sejumlah produk jurnalistik serta layanan lain kepada masyarakat.

Pada stan pameran yang berada di sisi timur Taman Budaya Jawa Tengah itu, pengunjung dapat mengetahui lebih lanjut tentang keberadaan satu-satunya lembaga kantor berita di tanah air tersebut.

Selain itu, LKBN ANTARA juga memberikan klinik fotografi yang disampaikan oleh sejumlah pengajar dari lembaga pendidikan jurnalistik institusi tersebut.

Selain produk teknologi informasi, dalam Pekan Informasi ini juga digelar kejuaraan membuat blog dan animasi.

Sejumlah pemerintah kabupaten/ kota juga berkesempatan memamerkan kelompok informasi masyarakatnya.

Sementara itu, dalam pergelaran Pekan Informasi ini, sebanyak 3.000 delegasi dari 12 provinsi dipastikan hadir untuk memeriahkannya.

PIN yang digelar dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional serta Hari Pendidikan tersebut, rencananya akan dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring.

Dalam gelaran tersebut, rencanaya juga akan dihadiri oleh Menteri Pendidikan, M Nuh serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad.

Selain pameran berbagai produk informasi, kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan kirab budaya nusantara.
(I021)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011